PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GO-FOOTBALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA

Gumanti, Ahmad Usman (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GO-FOOTBALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ahmad Usman Gumanti 15230002.pdf] Text
Ahmad Usman Gumanti 15230002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Ahmad Usman Gumanti, “Pengaruh Media Pembelajaran Go Football Untuk
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Sepak Bola SMA Lab
School UPGRIS”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar penjasorkes siswa SMA Lab
School UPGRIS kelas XII dengan materi sepak bola masih banyak siswa yang tidak
lulus KKM. Berdasarkan hasil observasi, hasil belajar siswa kelas XII masih di
bawah KKM 70 yaitu rata-rata 67. Nilai paling rendah ada pada aspek kognitif.
Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen, desain penelitiannya quasi-experimental design. Populasi siswa-siswi
kelas XII SMA Lab School UPGRIS berjumlah 86 siswa, dan dilakukan cluster
random sampling untuk mencari sampel. Kelas XII MIPA dengan jumlah siswa 29
dan XII IPS 1 dengan jumlah siswa 29. Penelitian ini berfokus pada aspek kognitif
siswa dengan menggunakan pendekatan media pembelajaran sepak bola berbasis
android dengan nama Go-Football.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Lab School UPGRIS
mengenai pengaruh media aplikasi Go-Football dalam pembelajaran sepak bola
ranah kognitif, ditemukan bahwa terjadi peningkatan sebesar 25,9% dari pretes ke
posttest. Selanjutnya, Berdasarkan pengujian normalitas dan homogenitas hasil
menunjukkan nilai 0,00 yang lebih kecil dari ambang 0,05. Hal ini dapat
disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, mengindikasikan adanya
pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen.
Penerapan aplikasi Go-Football dalam pembelajaran sepakbola di SMA Lab
School UPGRIS dalam ranah kognitif mengalami peningkatan dikarenakan siswa
yang sudah terbiasa dengan gadget, dan guru mengarahkan gadget tersebut sebagai
media untuk belajar. Media Go-Football juga merupakan media yang intneraktif
yang tentunya lebih disukai siswa untuk belajar
Kata Kunci: Media, kognitif, Go-Football, Sepak bola

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:11
Last Modified: 03 Jan 2024 03:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item
View Item