PENERAPAN MODEL PBL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Asiyah, Siti (2023) PENERAPAN MODEL PBL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Siti Asiyah 19120341.pdf] Text
Siti Asiyah 19120341.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

SITI ASIYAH, NPM 19120341 “Penerapan Model PBL Ditinjau dari
Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas V
Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Bendo selama proses pembelajaran.
Terutama dalam pelajaran matematika materi tentang volume kubus dan balok hal
ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dan wawancara dari guru kelas V SDN
Bendo. Belum dikembangkannya model PBL untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa kelas V SDN Bendo pada materi pokok volume kubus dan
balok. Dalam pembatasan masalah ini lebih diarahkan pada penerapan model PBL
yang digunakan untuk kemampuan berpikir kritis pada materi pokok bahasan
volume kubus dan balok. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi
terdapat atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis dengan penerapan
model PBL pada materi volume kubus dan balok di kelas V sekolah dasar, 2) untuk
mengidentifikasi penerapan model PBL ditinjau dari kemampuan berpikir kritis
pada materi volume kubus dan balok di kelas V sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan strategi metode campuran bertahap (Sequential
Mixed Methods) terutama strategi Sequential Explanatory. Pada tahap pertama
peneliti menggunakan metode kuantitatif dan pada tahap kedua menggunakan
metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V salah
satu SD Negeri di Kabupaten Rembang. Sampel penelitiannya adalah 31 siswa
kelas V. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling jenis
sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t dan triangulasi teknik.
1) Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan
perlakuan dengan model PBL menunjukkan terdapat perbedaan signifikan
kemampuan berpikir kritis setelah penerapan model PBL pada materi volume kubus
dan balok di kelas V sekolah dasar. Dibuktikan dengan menggunakan uji t di
peroleh hasil thitung = 11,248, hasil tersebut kemudian dibandingan dengan nilai
ttabel untuk dk (31 – 1) = 30 taraf signifikansi 5% atau 0,05 adalah 2,042.
Hasilnya thitung 11,946 lebih besar dari 2,042 atau thitung ˃ ttabel. 2)
Berdasarkan hasil analisispenerapan model PBL ditinjau dari kemampuan berpikir
kritis pada materi volumekubus dan balok di kelas V sekolah dasar terlihat bahwa
indikator interpretasi 77,4% kategori tinggi atau 24 siswa yang menjawab benar.
Indikator analisis 25,8%kategori sangat rendah atau 9 siswa yang menjawab benar.
Indikator evaluasi 35,4% kategori sangat rendah atau 11 siswa yang menjawab
benar. Indikator Inferensi 58,06% kategori rendah atau 18 siswa yang menjawab
benar. Secara umum nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada materi volume
kubus dan balok dikelas Vsekolah dasar tergolong dalam kategori rendah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
kepada guru kelas atau guru mata pelajaran matematika di kelas V hendaknya
menerapkan model PBL pada materi volume kubus dan balok untuk melatih
kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:21
Last Modified: 19 Jan 2024 08:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item
View Item