PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAB 5 MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ningrum, Sistia (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAB 5 MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SISTIA NINGRUM 19120364.pdf] Text
SISTIA NINGRUM 19120364.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

SISTIA NINGRUM. NPM 19120364. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Kurikulum Merdeka Belajar BAB 5 muatan pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah
Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penggunaan perangkat
pembelajaran yang belum optimal sehingga keaktifan siswa masih rendah dalam
pembelajaran. Selain itu kurangnya perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka
Belajar muatan pembelajaran IPAS yang dimiliki oleh sekolah juga masih kurang.
Maka dari itu guru dan siswa memerlukan perangkat pembelajaran Kurikulum
Merdeka Belajar yang lengkap dan sistematis. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah 1) Bagaimana perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar muatan
pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar?, 2) Bagaimana kevalidan perangkat
pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bab 5 muatan pembelajaran IPAS
Kelas IV Sekolah Dasar?, 3) Bagaimanakah kepraktisan perangkat pembelajaran
Kurikulum Merdeka Belajar Bab 5 muatan pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah
Dasar? Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis
karakteristik, kevalidan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran Kurikulum
Merdeka Belajar Bab 5 Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implemetation,
Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 02 Pener.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi
dan angket.
Hasil penelitian kevalidan diperoleh dari validasi materi dan media. Hasil
persentase nilai yang diperoleh dari validasi materi adalah 94% dengan kriteria
“sangat layak” dan hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi media adalah
94% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil angket respon siswa kelas IV SD
Negeri 02 Pener mendapatkan persentase nilai sebesar 91,66% dengan kriteria
“sangat layak” dan angket respon guru kelas IV SD Negeri 02 Pener mendapatkan
persentase nilai sebesar 100% dengan kriteria “sangat layak”. Sehingga dapat
disimpulkan jika perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bab 5
Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan
di kelas IV Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, perangkat pembelajaran pembelajaran
Kurikulum Merdeka valid dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik pada
Bab 5 Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 02 Pener

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:17
Last Modified: 19 Jan 2024 08:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item
View Item