ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERMODEL PROGAMME INTERNATIONALE FOR STUDENT ASSESMENT (PISA)KELAS VIII SMP NEGERI 4 SALATIGA

Kurniawan, Fatheh Anandito (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERMODEL PROGAMME INTERNATIONALE FOR STUDENT ASSESMENT (PISA)KELAS VIII SMP NEGERI 4 SALATIGA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fatheh Anandito Kurniawan 16310078.pdf] Text
Fatheh Anandito Kurniawan 16310078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan
literasi matematika siswa dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan
literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal bermodel Progamme
Internationale For Student Assesment (PISA) kelas VIII F SMP Negeri 4 Salatiga.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus (Case Study).Hasil penelitian menunjukan bahwa
kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri 4 Salatiga dalam kategori
cukup dengan skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 60,34. Kemudian
faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa antara lain
berkaitan dengan penggunaan konteks, interaktivitas dan keterkaitan. Pada bagian
penggunaan konteks, guru lebih meminta siswa untuk menyelesaikan soal secara
langsung tidak diberi waktu khusus. Pada bagian interaktivitas, dalam proses
pembelajaran selama daring siswa tidak diberi waktu khusus juga untuk
berdiskusi, guru lebih mengarahkan siswa untuk menyelesaikan persoalan yang
diberikan secara mandiri kemudian ketika guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menanggapi banyak siswa yang tidak meresponnya. Sedangkan pada
bagian keterkaitan, siswa lebih diarahkan pada soal yang telah diberikan dan tidak
diberi kesempatan untuk menyampaikan contoh masalah nyata dengan materi
yang telah dipelajari.Kemampuan literasi matematis siswa SMP Negeri 4 Salatiga
berada pada level 3 dengan segi penilaian “siswa dapat bekerja secara efektif
dengan modal yang tersirat dalam situasi yang konkrit tapi dalam kompleks yang
terdapat
hambatan atau membuat
asumsi,
siswa dapat
memilih
dan
menggabungkan representasi yang berbeda termasuk menyimbolkannya dengan
situasi nyata.
Kata kunci : Kemampuan Literasi Matematika PISA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:15
Last Modified: 19 Jan 2024 08:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item
View Item