ANALISIS HASIL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN METODE INKLUSI DAN RESIPROKAL PADA SISWA SDN 1 JATILAWANG WONOSAMODRO BOYOLALI

Sutoki, Farin (2023) ANALISIS HASIL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN METODE INKLUSI DAN RESIPROKAL PADA SISWA SDN 1 JATILAWANG WONOSAMODRO BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Farin Sutoki 16230213.pdf] Text
Farin Sutoki 16230213.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Farin Sutoki. “Analisis Hasil Pembelajaran Passing Bawah Menggunakan Metode
Inklusi dan Resiprokal Pada Siswa SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali”.
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas
PGRI Semarang. 2023.
Dalam
kegiatan
pembelajaran
pendidikan
jasmani
khususnya
pembelajaran permainan bola voli, mayoritas guru secara penuh memberikan
instruksi dan penjelasan dalam proses pembelajarannya, sehingga siswa lebih
banyak mengikuti apa yang diperintahkan oleh guru menyebabkan keaktifan dan
kreativitas siswa menjadi terbatas. Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa
cenderung pasif dan sering mengeluh dalam melakukan berbagai kombinasi
teknik dasar bola voli tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk pengaruh gaya
mengajar resiprokal dan inklusi yang dapat diterapkan oleh guru pendidikan
jasmani dalam proses pembelajaran sebagai metode yang efektif dan efisien
khususnya dalam meningkatkan keterampilan bermain bola voli siswa.
Dalam penelitian menggunakan penelitian eksperimen two group pre test
postest design dengan kelompok resiprokal dan inklusi diberi pre-test untuk
mengetahui keadaan awal. Setelah diketahui bahwa kedua kelas tersebut
sama/homogen kemudian masih-masing diberi metode resiprokal dan inklusi.
Penelitian dilakukan di SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali pada 2 kelas.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SDN 1 Jatilawang Wonosamodro
Boyolali, dan sampel penelitianya adalah siswa kelas V sejumlah 16 siswa dan VI
sejumlah 16 siswa di SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali.
Berdasarkan hasil penelitian pre-test dan post-test pada kelompok
resiprokal dan kelompok inklusi. Pembelajaran Resiprokal memiliki perbedaan
rata-rata sebanyak 31,08% dan Inklusi memiliki perbedaan rata-rata sebanyak
32,48%. Kedua kelompok atau kedua metode pembelajran yang diberikan
mempengaruhi keterampilan passing bawah siswa SDN 1 Jatilawang
Wonosamodro Boyolali.
Simpulan pada peneltian ini yaitu ada pengaruh pengaruh model
pembelajaran inklusi terhadap ketarampilan passing bawah pada siswa SDN 1
Jatilawang Wonosamodro Boyolali. Ada pengaruh model pembelajaran resiprokal
terhadap ketarampilan passing bawah pada siswa SDN 1 Jatilawang
Wonosamodro Boyolali, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok
inklusi lebih memiliki perbedaan rata-rata daripada kelompok resiprokal. Saran
dari peneliti, guru dapat menerapkan dan mengembangkan metode Pembelajaran
Inklusi dan Resiprokal pada mata pelajaran atau kompetensi lain untuk
meningkatkan keaktifan maupun hasil belajar peserta didik. Penulis lain dapat
menggunakan variabel yang lainnya atau menambah metode penelitian lain.
Kata kunci : passing, resiprokal, inklusi, Bola Voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:13
Last Modified: 19 Jan 2024 08:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item
View Item