UPAYA APARAT DESA DALAM PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT DESA GEDANGAN KECAMATAN WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN

Hidayah, Fani Nur (2023) UPAYA APARAT DESA DALAM PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT DESA GEDANGAN KECAMATAN WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fani Nur Hidayah 19210003.pdf] Text
Fani Nur Hidayah 19210003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fani Nur Hidayah. NPM 19210003. “Upaya Aparat Desa dalam Pendidikan
Politik Bagi Masyarakat Desa Gedangan Kecamatan Wirosari Kabupaten
Grobogan”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan sebagian
masyarakat mengenai pendidikan politik dan menurunya pemahaman bernegara
yang dimiliki masyarakat dalam upaya partisipasi politik. Rumusan masalah
penelitian ini, yaitu: Bagaimana upaya aparat desa dalam pendidikan politik dan
hambatan apa yang dihadapi aparat desa dalam pendidikan politik bagi masyarakat
Desa Gedangan Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Sedangkan tujuan
penelitian ini, yaitu: Untuk mengetahui bagaimana upaya aparat desa dalam
pendidikan politik dan hambatan apa yang dihadapi aparat desa dalam pendidikan
politik bagi masyarakat Desa Gedangan Kecamatan Wirosari Kabupaten
Grobogan.
Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian
dilakukan di Desa Gedangan Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Fokus
penelitian ini adalah “Upaya apparat desa dalam pendidikan politik dan hambatan
yang harus dihadapi perangkat desa dalam pendidikan politik bagi masyarakat
Desa
Gedangan
Kecamatan
Wirosari
Kabupaten
Grobogan”.
Dengan
menggunakan indikator, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
antara lain Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan Kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu sebagai berikut: 1) Perencanaan
perangkat desa dalam upaya pendidikan politik, yaitu melakukan suatu rencana
yang matang dan terstruktur, 2) Kebijakan perangkat desa dalam pemahaman
bernegara, yaitu memberi penguatan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila
pancasila, 3) Kesiapan perangkat desa dalam membina pemahaman bernegara
masyarakat, dilakukan dengan kesiapan yang cukup matang dan cukup baik, 4)
Pelaksanaan perangkat desa dalam upaya pendidikan politik, dilaksanakan
sebagian orang yang berperan penting, serta melakukan kegiatan yang positif, 5)
Strategi perangkat desa dalam membina pemahaman bernegara masyarakat, yaitu
dengan cara melakukan pelayanan dan memberikan contoh yang baik kepada
masyarakat, 6) Masalah yang dihadapi, yaitu karakter masyarakat yang berbeda-
beda, masyarakat yang kurang antusias dalam kegiatan yang diadakan, 7) Solusi
terhadap masalah yang dihadapi, yaitu dengan melakukan pelayanan terhadap
masyarakat secara baik dan transparan melalui pendekatan.
Kesimpulan penelitian ini yaitu upaya yang dilakukan perangkat desa
dalam pembinaan pendidikan politik sudah cukup baik tetapi dari pihak
masyarakat kurang berpartisipasi. Sehingga solusi dalam permasalahan tersebut,
yaitu dengan melakukan pendidikan politik sejak dini, dan melakukan pendekatan
kepada masyarakat.
Kata Kunci: Aparat Desa, Pendidikan Politik, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:09
Last Modified: 19 Jan 2024 08:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item
View Item