Andriyani, Siska (2023) ANALISIS PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MASA NEW NORMAL KELAS V SDN BANTENG KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SISKA ANDRIYANI 16120478.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Siska Andriyani. NPM 16120478. “Analisis Peran Orang Tua Dan Guru Dalam
Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa New Normal Kelas V SDN Banteng
Kecamatan Tersono Kabupaten Batang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam
menyesuaikan kegiatan pembelajaran seperti semula, Latar belakang penelitian ini
adalah pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas tidak dapat berjalan dengan
lancar sebagai dampak pelaksanaan pembelajaran daring. Dampak negatif yang
ditimbulkan tersebut menjadi permasalahan baru bagi pelaksanaan pembelajaran
tatap muka yang dilaksanakan sekolah yakni kurangnya sikap mandiri siswa,
kurangnya sikap aktif, siswa kurang percaya diri, siswa tidak disiplin karena siswa
belum memiliki ketertarikan dengan pembelajaran tatap muka.
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang
tua dan guru dalam persiapan pembelajaran tatap muka pada masa new normal kelas
V SDN Banteng Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi
Kelas V SDN Banteng Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket siswa.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa 1) Peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas V SDN Banteng
pada masa new normal adalah sebagai pendidik, sebagai motivator, sebagai
fasilitator, juga sebagai pembimbing. 2)Peran guru dalam kegiatan pembelajaran
siswa kelas V SDN Banteng pada masa new normal adalah sebagai educator,
manager, administrator, supervisor, leader, motivator, dinamisator, evaluator dan
fasilitator. 3) Dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka pada masa new normal
siswa kelas V SDN Banteng telah menunjukkan beberapa sikap yang positif yakni
disiplin, bertanggung jawab, aktif, mandiri dan peduli.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah orang tua
dan guru dapat memaksimalkan perannya masing-masing sehingga dukungan melalui
perannya tersebut juga dapat meningkatkan keberhasilan kegiatan pembelajaran yang
dilakukan.
Kata Kunci: Peran, orang tua, guru, pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 08:08 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1589 |