PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL IPA BERBASIS STEM UNTUK SISWA KELAS IV MATERI KEMAGNETAN DAN GAYA PADA FASE B DI SD

WIBOWO, FAJAR SETYA (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL IPA BERBASIS STEM UNTUK SISWA KELAS IV MATERI KEMAGNETAN DAN GAYA PADA FASE B DI SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FAJAR SETYA WIBOWO 19120180.pdf] Text
FAJAR SETYA WIBOWO 19120180.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fajar Setya Wibowo, “Pengembangan Instrumen Soal Berabasis STEM untuk
Siswa Kelas IV Materi Kemagnetan dan Gaya Pada Fase B Di SD”. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Dosen
Pembeimbing
I
Dr.
SitiPatonah,
M.Pd.
dan
Dosen
Pembimbing
II
Sukamto,S.Pd.M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah
Pentingnya asesmen awal sebelum merancang pembelajaran dalam kurikulum
merdeka. Tidak adanya instrumen penilaian kompetensi pengetahuan IPA yang
layak digunakan dalam menilai proses pembelajaran IPA menyebabkan kurang
maksimalnya dalam proses penilaian. pengajar menyadari benar sesungguhnya
akal budi kritis sangatlah penting, namun dalam kenyataannya pengajar
mempunyai instrumen yang bisa mengukur sekaligus melatih kemampuan
berpikir kritis siswa.
Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berinovasi mengembangkan
produk instrumen soal IPA berbasis STEM dengan rumusan masalah yaitu: (1)
Bagaimanakah karakteristik instrumen soal berbasis STEM siswa kelas IV pada
materi kemagnetan dan gaya? (2) Bagaimanakah kualitas (validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran, dan daya pembeda) instrumen soal berbasis STEM siswa kelas
IV pada materi kemagnetan dan gaya?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan karakteristik
instrumen soal berbasis STEM siswa kelas IV pada materi kemagnetan dan gaya.
(2) Mendeskripsikan kualitas (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya
pembeda) instrumen soal berbasis STEM siswa kelas IV pada materi kemagnetan
dan gaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Research and Development
(RnD), model penelitian ini merupakan model penelitian dan pengembangan Brog
and Gall yaitu Research and Information Collecting, Planning, Develop
Preliminary of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main
Field Test, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final
Product Revision, Dissemination and Implementation.
Dari hasil validasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian
menunjukan seluruh butir soal memiliki kategori validitas sedang s.d. tinggi untuk
indeks Aiken (0.76 s.d. 0.8). Sedangkan berdasarkan analisis Rasch Model, nilai
Measure(-1.88s.d.2.20), nilai Model SE (0.20s.d.0.30) nilai Outfit MNSQ
(0.67s.d.1.30), nilai Outfit ZSTD (-2.9 s.d. 1.9 ), nilai Pt mean core(0.20 s.d. 0.61),
reliabilitas item dan person (0.94 dan 0.50) sedangkan Cronbach Alpha (0.62).
hasil penelitian, dapat disimpulankan bahwa butir soal dapat digunakan sebagai
asesmen awal mata pelajaran IPAS.
Kata Kunci : Instrumen, STEM, Pengembangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:07
Last Modified: 19 Jan 2024 08:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item
View Item