ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROJEK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUNGA BANGSA SEMARANG

Miranita, Sisilia Ninit (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROJEK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUNGA BANGSA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SISILIA NINIT MIRANITA 17150037.pdf] Text
SISILIA NINIT MIRANITA 17150037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SISILIA NINIT MIRANITA. NPM 17150037 “Analisis Implementasi
pendekatan projek dalam mewujudkan profil pelajar pancasila anak usia 5-6
tahun di TK Bunga Bangsa Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dr. Anita Chandra Dewi S., M., M.Pd Pembimbing II
Mila Karmila., S.Pd., M.pd. 2023
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pengembangan
pembelajaran berbasis projek, belum semua guru memiliki pengetahuan dan
ketrampilan untuk melakukan kegiatan untuk mengintegrasikan Profil Pelajar
Pancasila dalam kegiatan sehari hari, juga keterbatan anak anak dalam melakukan
investigasi dan proses mencari tahu masih terbatas karena guru belum mengerti
dan kurang kreatif dalam menyiapkan pembelajaran berbasis projek.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Menganalis implementasi
pendekatan projek dalam mewujudkan profil Pelajar Pancasila anak usia 5-6 tahun
di TK. Bunga Bangsa Semarang. Metode Penelitian ini adalah Kualitatif
Deskriptif. Sampel penelitian yaitu siswa kelompok B di TK. Bunga Bangsa yang
berjumlah 14. Data di dalam penelitian ini diperoleh melalui Observasi,
Dokumentasi dan Triangulasi/gabungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan pendekatan projek anak
anak mampu menunjukkan aspek Profil Pelajar Pancasila : Beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berahklak Mulia, Berkebhinekaan Tunggal,
Bergotong royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan kreatif dalam kegiatan
keseharian. Dimana aspek aspek tersebut merupakan elemen dari Profil Pelajar
Pancasila dan pula tersedianya semua fasilitas yang mendukung membuat Profil
Pelajar Pancasila ini mampu dipahami dan melekat pada anak dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah perlu
adanya sosialisasi kepada orang tua murid dalam pendukung pembelajaran P5
( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:06
Last Modified: 19 Jan 2024 08:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item
View Item