GAME INTERAKTIF BELAJAR MEMBACA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR (SD N 04 PURWOSARI) BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA FISHER YATES

RIZAL, FAHRUR (2023) GAME INTERAKTIF BELAJAR MEMBACA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR (SD N 04 PURWOSARI) BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA FISHER YATES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FAHRUR RIZAL 18670029.pdf] Text
FAHRUR RIZAL 18670029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengenalan huruf kepada anak usia dini melalui tulisan dirasa kurang efektif karena
kurang menarik minat anak untuk memahaminya. Dibutuhkan adanya sebuah media baru
yang dapat membantu anak untuk mengenal dan menghafal huruf. Implementasi penelitian
ini menghasilkan sebuah aplikasi Game Edukasi Berbasis Android yang sangat bermanfaat
pada kalangan anak usia dini, disamping menempuh pembelajaran formal di sekolah, anak-
anak dapat belajar sambil bermain dengan menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, penulis
membuat game edukasi yang berbasis sistem operasi Android dengan harapan anak-anak
dapat langsung menggunakan aplikasi permainan tersebut dan memperoleh pengetahuan
lebih banyak serta merubah pola belajar agar tidak jenuh. Perancangan sistem dilakukan
dengan model waterfall dan bahasa pemodelan menggunakan UML (United Modelling
Language). Didalam game ini anak-anak dapat belajar mengenal huruf, belajar mengeja, dan
mengerjakan soal yang ada untuk melatih kinerja otak anak dalam belajar membaca. Dengan
adanya game ini siswa diharapkan dapat beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang baru
atau lebih modern. Siswa dapat belajar membaca dimanapun dan kapanpun melalui gadget
yang mereka punya dan tentunya dalam pengawasan orang tua. Dalam perancangan aplikasi
ini peneliti menggunakan software pembuat game Unity, dan Corel Draw sebagai software
untuk mengedit gambar. Pengujian pada perangkat smartphone dengan spesifikasi android 11
dan ram 4Gb internal 128Gb serta ram 3Gb internal 32Gb dapat berjalan lancar tidak
mengalami lag sama sekali. White Box Testing atau pengujian pada pengkodean yang
terdapat pada aplikasi dengan hasil berhasil (telah memenuhi kriteria rekayasa perangkat
lunak), Black Box Testing atau pengujian terhadap button yang terdapat pada aplikasi dengan
melibatkan 3 dosen informatika sebagai responden dan mendapatkan hasil presentase 100%.
User Acceptance Testing (UAT) atau pengujian aplikasi terhadap user dengan memberikan
24 pertanyaan kepada 3 responden. Pengujian ini mendapatkan hasil nilai rata-rata 97% dari
perhitungan yang telah dilakukan.
Kata Kunci : Pengenalan Huruf, Waterfall, Game Edukasi, Fisher Yates.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:03
Last Modified: 19 Jan 2024 08:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item
View Item