PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SENAM LANTAI SIKAP KAYANG PADA KELAS VII SMP NEGERI 3 BUMIJAWA

Firdaus, Fadlulloh (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SENAM LANTAI SIKAP KAYANG PADA KELAS VII SMP NEGERI 3 BUMIJAWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fadlulloh Firdaus 16230049.pdf] Text
Fadlulloh Firdaus 16230049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fadlulloh Firdaus, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan
Teaching Games For Understanding Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Sikap
Kayang pada kelas VII SMP Negeri 3 Bumijawa”, Program studi Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Imu Pengetahuan Sosial
Dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilakukan karena adanya temuan masalah yaitu rata-rata
hasil belajar siswa secara keseluruhan masih dibawah kkm, dalam materi senam
lantai sikap kayang pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games For
Understanding (TGFU) terhadap hasil belajar kognitif siswa, siswa SMP Negeri 3
Bumijawa kelas VII semester dua tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah
sampel 60 siswa.
Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar senam
lantai sikap kayang siswa kelas VII SMPN 3 Bumijawa dengan persentase sebesar
17,64%. Model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGFU)
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar senam lantai sikap
kayang siswa kelas VII SMPN 3 Bumijawa dengan persentase sebesar
11,81%.Berdasarkan besarnya persentase peningkatan rata-rata hasil belajar
senam lantai sikap kayang siswa kelas VII SMPN 3 Bumijawa menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dan efektif
daripada model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGFU)
Kata kunci : Model Pembelajaran PBL, dan TGFU, Hasil belajar aspek kognitif,
sikap kayang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:01
Last Modified: 19 Jan 2024 08:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item
View Item