PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK PINTER AKSARA JAWA (PIRAWA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Afiana, Sinta Dina (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK PINTER AKSARA JAWA (PIRAWA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SINTA DINA AFIANA 19120026.pdf] Text
SINTA DINA AFIANA 19120026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SINTA DINA AFIANA. NPM 19120026. “Pengembangan Media Kotak Pinter
Aksara Jawa (Pirawa) Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah
Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah
media pembelajaran yang terbatas, metode pembelajaran yang digunakan hanya
ceramah dan penugasan yang mengakibatkan siswa tidak semangat dan motivasi
belajar siswa rendah. Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana
pengembangan media pembelajaran Kotak Pirawa pada mata pelajaran Bahasa
Jawa untuk siswa kelas IV sekolah dasar?, 2) Apakah media pembelajaran Kotak
Pirawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa untuk siswa kelas IV sekolah dasar
layak digunakan?, 3) Apakah media pembelajaran Kotak Pirawa pada mata
pelajaran Bahasa Jawa untuk siswa kelas IV sekolah dasar praktis digunakan?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
prosedur mengembangkan media Kotak Pirawa, mengetahui kelayakan, dan
kepraktisan media Kotak Pirawa pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas IV
Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu Research and
Development (RnD). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri
Gondang 03 Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan angket, sedangkan untuk
teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa media Kotak Pirawa dinyatakan layak
digunakan dengan perolehan persentase skor hasil validasi media sebesar 100%
dengan kriteria sangat baik dan nilai validasi ahli materi sebesar 95,7% dengan
kategori sangat baik. Adapun hasil angket respon guru sebagai hasil analisis
kepraktisan media memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 100% kategori
sangat baik, sedangkan perolehan persentase angket respon siswa kelas IV SD
Negeri Gondang 03 yaitu 99% dengan kategori sangat baik. Dari hasil yang
didapatkan disimpulkan bahwa media Kotak Pirawa layak dan praktis digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan oleh
peneliti adalah supaya media pembelajaran Kotak Pirawa dapat digunakan sebagai
kajian dalam mengembangkan emdia pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan
siswa, dan media Kotak Pirawa dapat digunakan sebagai penelitian lanjutan untuk
di uji keefektifan media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:59
Last Modified: 19 Jan 2024 07:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item
View Item