PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 5 METESEH KECAMATAN BOJA

RAHMAWATI, ERWINDA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 5 METESEH KECAMATAN BOJA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ERWINDA RAHMAWATI 19120216.pdf] Text
ERWINDA RAHMAWATI 19120216.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ERWINDA RAHMAWATI. NPM 19120216. “Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Materi Interaksi Sosial Kelas IV SD
Negeri 5 Meteseh Kecamatan Boja”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I ibu Qoriati Mushafanah S.Pd., M.Pd. Pembimbing II ibu Khusnul
Fajriyah S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar materi interaksi sosial siswa kelas IV
SD Negeri 5 Meteseh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-
Experimental Dessign dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group
pretest-posttest design. Data dikumpulkan dari data seluruh populasi kelas IV
sebanyak 20 siswa.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakn
wawancara dan tes berbentuk pilihan ganda. Analisis yang digunakan adalah uji-t.
Hasil analisis data pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat
diketahui bahwa diterapkannya media pembelajaran Quizizz berpengaruhh
terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai t hitung >
t tabel yang memiliki nilai 4,266 > 2,086, maka H o ditolak dan Ha diterima dari
hasil pengujian pada taraf kepercayaan 0,95 atau kesalahan pada 0,05 dapat
didimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Meteseh
pada tahun ajaran 2023/2024.
Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa setelah
menggunakan media pembelajaran Quizizz pada proses pembelajaran materi
interaksi sosial kelas IV terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV
SD Negeri 5 Meteseh.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Quizizz, Hasil Belajar, Interaksi Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:31
Last Modified: 03 Jan 2024 07:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item
View Item