RISTANTI, FABRYAN PRAHARA DWI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III SD N 1 SUMBERJO REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FABRYAN PRAHARA DWI RISTANTI 16120296.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
FABRYAN PRAHARA DWI RISTANTI, NPM 16120296. “Pengaruh Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar
Tematik Peserta Didik Kelas III SD N 1 Sumberjo Rembang”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universiras
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023. Pembimbing I Dr. Ary
Susatyo N, S.Si., M.Si. dan Pembimbing II Ferina Agstini, S.Pd., M.Pd
Penerapan pembelajaran tematik masih belum efektif karena guru masih
menggunakan model pembelajaran konvensional. Salah satu cara untuk
meningkatkan
aktivitas
belajar
peserta
didik
digunakan
model-model
pembelajaran salah satunya ialah model pembelajaran kooperatif atau Cooperative
Learning. Pembelajaran kooperatif merujuk pada berbagai macam metode
pengajaran diamana para peserta didik bekerja dalam kelompok-kelompok kecil
untuk saling membantu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan
model pembelajaran Make A Match dapat mempengaruhi hasil belajar tematik
peserta didikkelas III SD N 1 Sumberjo Rembang”. Tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model
kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas III
SD N 1 Sumberjo Rembang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra
Experimental Desain dengan bentuk desain one-group Pretes-Posttes desain.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD N 1
Sumberjo Rembang dengan jumlah 27 peserta didik teridiri dari 13 Laki-laki dan
14 Perempuan. . Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampling
Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes.
Hasil penghitungan uji hipotesis atau uji t menunjukkan bahwa harga
thitung adalah sebesar 11,74 yang ternyata lebih besar dari harga ttabel taraf
signifikan 5% sebesar 2,06 dan 1% sebesar 2,79. Dengan demikian Hα diterima,
maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match
dapat meningkatkan hasil belajar Tematik peserta didik kelas III SD N 1
Sumberjo Rembang. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dan pembahasan,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match efektif
digunakaan untuk belajar pembelajaran tematik peserta didik kelas III SD N 1
Sumberjo Rembang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diampaikan yaitu guru
menggunakan pedoman model dan media dalam pembelajaran salah satunya
model pembelajaran Make A Match dalam upaya memperbaiki hasil belajar
peserta didik dan memfasilitasi dalam mengembangkan kemampuan peserta didik.
Kata kunci : Hasil Belajar, Make A Match, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 07:55 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 07:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1578 |