MAHMUDAH, EVA ARIFATUL (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS 5 SD N GAYAMSARI 02 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
EVA ARIFATUL MAHMUDAH 19120304.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
EVA ARIFATUL MAHMUDAH. NPM 19120304. “Pengembangan Media
Komik Berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Karakter
Kemandirian Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I: Khusnul
Fajriyah, S.Pd., M. Pd. dan Dosen Pembimbing II: Moh. Aniq Khairul Basyar,
S.Pd., M.Hum. Juli. 2023.
Karakter kemandirian belajar siswa kelas 5A SD N Gayamsari 02 masih
belum sepenuhnya tercapai. Peningkatan karakter kemandirian belajar dibutuhkan
media komik untuk menyalurkan pesan dan mendorong siswa untuk mandiri
dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.)
Bagaimana pengembangan media komik berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk
meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas 5 SD N Gayamsari 02?, 2.)
Bagaimana kelayakan media komik berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk
meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas 5 SD N Gayamsari 02?. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pengembangan, kelayakan, dan kepraktisan media komik Profil Pelajar Pancasila
untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas 5 SD N Gayamsari 02.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi dan sampel
pada penelitian ini adalah siswa kelas 5A SD Negeri Gayamsari 02 Kota
Semarang. Untuk mengukur tingkat kelayakan produk komik tersebut maka dapat
dilakukan tahap validasi dari ahli uji media dan ahli uji materi. Untuk mengukur
tingkat kepraktisan produk komik tersebut maka dapat dilakukan tahap uji
lapangan melalui angket respon siswa dan angket respon guru kelas.Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik Profil Pelajar Pancasila
dinyatakan valid dengan hasil validasi oleh ahli media sebesar 85,4%, hasil
validasi oleh ahli materi sebesar 86,6%, dan validasi dari praktisi memperoleh
hasil 97,2% dan 91,6%. Media Komik Profil Pelajar Pancasila mendapat respon
yang sangat baik dari siswa dan guru kelas yang mana dapat dilihat dari hasil
presentase respon guru terhadap media yang telah dikembangkan adalah 98% dan
hasil presentase respon siswa terhadap media yang telah dikembangkan adalah
sebesar 90,5%. Respon terhadap aspek kemandirian dari siswa memperoleh nilai
presentase 84,92%. Dengan hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa
media komik layak dan praktis untuk digunakan dalam meningkatkan karakter
kemandirian belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya media Komik Profil Pelajar Pancasila dapat digunakan sebagai salah satu
media untuk meningkatkan karakter kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 07:50 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 07:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1574 |