PENGUATAN KARAKTER KREATIF SISWA KELAS 5 MELALUI PENDIDIKAN SENI DI SDN TAMBAKREJO 01 KOTA SEMARANG

MELIYANTI, ERLINA (2023) PENGUATAN KARAKTER KREATIF SISWA KELAS 5 MELALUI PENDIDIKAN SENI DI SDN TAMBAKREJO 01 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERLINA MELIYANTI 19120407.pdf] Text
ERLINA MELIYANTI 19120407.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Erlina Meliyanti. NPM 19120407. “Penguatan Karakter Kreatif Siswa Kelas 5
Melalui Pendidikan Seni di SDN Tambakrejo 01”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd dan Aries Tika Damayani, S.Pd.,
M.Pd. Mei. 2023.
Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah pentingnya karakter kreatif
dibentuk sedari dini sebab anak usia SD merupakan masa keemasan berekspresi
kreatif. Karakter kreatif dapat dibelajarkan melalui pendidikan seni karena dalam
pendidikan seni anak dibebaskan untuk mengekspresikan apa yang ada dalam
jiwanya baik melalui gambar, kegiatan menyanyi ataupun gerakan-gerakan tarian.
Bebas berekspresi membuat anak dapat mengembangkan apa yang ada dalam
dirinya, kreativitas anak untuk menciptakan sesuatu juga semakin berkembang.
Fokus penelitian ini dapat dirumuskan “Bagaimana penguatan karakter
kreatif siswa kelas 5 melalui pembelajaran intrakurikuler seni?” dan “Bagaimana
penguatan karakter kreatif siswa kelas 5 melalui kegiatan ekstrakurikuler seni?”
Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui proses kegiatan penguatan
karakter kreatif siswa kelas 5 melalui pembelajaran intrakurikuler seni di sekolah
dan mengetahui proses penguatan karakter kreatif siswa kelas 5 melalui kegiatan
ekstrakurikuler seni di sekolah.
Jenis penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah siswa kelas 5 beserta
guru, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian pelaksanaan penguatan karakter kreatif siswa kelas 5
melalui pendidikan seni meliputi dua kegiatan yaitu intrakulikuler dan
ekstrakurikuler. Pada kegiatan intrakurikuler karakter kreatif peserta didik tampak
ketika peserta didik mampu untuk berpikir aktif dan juga kreatif dalam setiap
kegiatan baik kegiatan individu maupun berkelompok seperti mengubah lirik lagu
menjadi materi pelajaran. Sedangkan pada kegiatan ekstrakurikuler karakter
kreatif tampak ketika peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakat sesuai
bidangnya sehingga siswa dapat mengekspresikan dirinya dengan sepenuh hati
seperti siswa dibebaskan untuk membuat gerakan tari sendiri.
Karakter kreatif sangat penting dimiliki peserta didik sebagai dasar untuk
mengolah diri selalu menjadi pribadi yang dinamis dan inovatif alangkah lebih
baik jika semakin ditingkatkan.
Kata kunci: karakter, kreatif, seni, pendidikan seni, pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:46
Last Modified: 19 Jan 2024 07:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item
View Item