UPAYA MENGATASI LEARNING LOSS PADA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAAN TILIK SENTRA DI KB ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Aprelinda, Silviana Fita (2023) UPAYA MENGATASI LEARNING LOSS PADA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAAN TILIK SENTRA DI KB ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SILVIANA FITA APRELINDA 20156023.pdf] Text
SILVIANA FITA APRELINDA 20156023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SILVIANA FITA APRELINDA NPM 20156023 “Upaya mengatasi
Learning Loss Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Strategi Pembelajaran Tilik
Sentra di KB Islam Hidayatullah Semarang Tahun Ajaran 2022/2023” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Ibu Dr. Muniroh
Munawar, S.Pi,.M.Pd,. Dosen Pembimbing II Ibu Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa pada saat
pandemi mengalami learning loss. Masalah dalam penelitian ini tentang Upaya
mengatasi Learning Loss Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Strategi
Pembelajaran Tilik Sentra di KB Islam Hidayatullah Semarang Tahun Ajaran
2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi learning loss pada siswa
KB Islam Hidayatullah Semarang tahun ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 10 siswa Kelompok KB 2 di KB Islam Hidayatullah Semarang Tahun
Pelajaran 2022/2023. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus
diperoleh hasil peningkatan kemampuan 6 aspek perkembangan siswa pada siklus
I siswa yang berkembang sesuai harapan mencapai presentase 40% yaitu 4 siswa
yang berkembang sesuai harapan siklus II naik mencapai 80% yaitu 8 siswa.
Upaya mengtasi learning loss melalui stategi tilik sentra mengalami peningkatan
yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Hasil
hipotesis yang berbunyi kemampuan mengatasi learning loss meningkat melalui
stategi pembelajaran tilik sentra di KB Islam Hidayatullah Semarang tahun ajaran
2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya dalam
mengatasi learing loss melalui strategi pembelajaran tilik sentra dan melihat
kemampuan 6 aspek perkambangan siswa, bahwa melalui pembelajaran tilik
sentra dapat mengatasi learning loss di KB Islam Hidayatullah Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya dalam mengatasi learning loss pada siswa KB Islam Hidayatullah melalui
strategi pembelajaran tilik sentra lebih optimal, pada kegiatan belajar dan
bermain, untuk lebih meningkatakan permainan yang berbasis proyek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:43
Last Modified: 19 Jan 2024 07:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item
View Item