KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 3 SEMARANG

FEBRIYANTI, EMA (2023) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 3 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of EMA FEBRIYANTI 18110137.pdf] Text
EMA FEBRIYANTI 18110137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ema Febriyanti. NPM 18110137. “ Keefektifan Layanan Bimbingan
Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
Siswa Kelas 8 Di SMP Negeri 3 Semarang “. Skripsi Program Studi
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini berdasarkan data awal dari AKPD,
DCM, dan Observasi adalah kurangnya kepercayaan diri siswa. Hal ini terlihat
saat siswa kurang nyaman pada saat dimintai pendapat, suara bergetar saat tampil
didepan kelas atau ruang google meeting, kecenderungan memiliki rasa rendah
diri, mudah marah tanpa mengetahui penyebabnya, kurang adanya rasa tanggung
jawab didalam diri dan merasa malu ketika berinteraksi dengan guru, teman
sebaya, serta warga sekolah lainnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk true eksperimen
design dengan design pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian
ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Semarang dengan jumlah
225 siswa. Sampel yang terpilih adalah VIII A yang berjumlah 32 siswa, yang
dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control
dengan menggunakan Teknik pengambilan probability sampling berbentuk
cluster sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui skala percaya diri.
Hasil analisis skala psikologis percaya diri siswa menunjukkan bahwa adanya
perbedaan rata-rata setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan
teknikdiskusi yaitu kelompok eksperimen ( 72,8125 ) dan kelompok kontrol (
64,75 ). Berdasarkan hasil uji t diketahui taraf signifikan 5% untuk ttabel ( 30 =
0,05 ) = 1,697 maka thitung > ttabel, 4,877 > 1,697 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Sehingga hipotesis penelitian ini berbunyi “ Adanya Keefektifan Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Semarang “. Keefektifan
ditunjukkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi mampu
mengatasi permasalahan dalam diri siswa dengan treatment yang diberikan
sehingga kepercayaan diri didalam diri siswa meningkat.
Saran yang dapat disampaikan untuk guru bimbingan konseling adalah layanan
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat dicantumkan kedalam jadwal
pembelajaran keBKan yang bisa digunakan secara rutin untuk mengintervensi
kepercayaan diri siswa.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik
Diskusi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:36
Last Modified: 19 Jan 2024 07:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item
View Item