PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII

Nurhafida, Silky (2022) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Silky Nurhafida 15310066.pdf] Text
Silky Nurhafida 15310066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tes
diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika
kelas VII SMP Negeri 1 Kayen? (2) bagaimana design tes diagnostik pada
penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP
Negeri 1 Kayen? (3) bagaimana pengembangan model tes diangnostik pada
penerapan kurikulum merdeka yang layak dalam mata pelajaran
matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen? Tujuan penelitian ini untuk: (1)
mendeskripsikan tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka mata
pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen; (2) mendeskripsikan
design tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran
matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen; (3) menganalisis pengembangan
tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka yang layak dalam mata
pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen.
Metode penelitian ini menggunakan Research and Development
(R&D), Pendekatan model penelitian menggunakan ADDIE dari Dick and
Carry, yaitu model pengembangan yang terdiri dari lima tahapan yang
meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development),
implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Prosedur
pengembangan mulai dari analisis sampai development. Subjek penelitian
kelas VII. Teknik analisis data formula V Aiken.
Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan (1) tes diagnostik pada
penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP
Negeri 1 Kayen yang selama ini dilaksanaka sudah sesuai dengan kurikulum
sebelumya yaitu, KBK, KTSP, kurikulum 2013. Hasil analisis validasi
instrumen tes diagnostik matematika pada materi bilangan bulat diperoleh
hasil yang sangat tinggi dengan perolehan nilai indeks validiasi Aiken (V) sebesar 0,81 berada pada rentang 0,80-1,00; (2) Design tes diagnostik pada
penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP
Negeri 1 Kayen diperoleh design dengan fitur mulai dari capaian
pembelajaran matematika Fase D, tujuan pembalajaran, indikator, ATP,
kisi-kisi, soal tes, kunci jawaban, dan validasi instrumen soal tes diagnostik;
(3) Pengembangan model tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka
yang layak dalam mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen
diperoleh fitur yang lingkupnya meliputi: kurikulum merdeka, struktur
kurikulum, pembelajaran matematika, pembelajaran defensiasi, perangkat
ajar (capaian, atp, modul ajar), asesmen mata pelajaran matematika, tes
diagnostik, validasi instrumen tes diagnostik, analisis hasil validasi
instrumen diagnostik, instrumen soal tes diagnostik bilangan bulat yang siap
pakai.
Kata Kunci: Pengembangan, Tes Diagnostik, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:36
Last Modified: 19 Jan 2024 07:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item
View Item