PROFIL KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT

Octavia, Maya (2023) PROFIL KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Maya Octavia 18310098.pdf] Text
Maya Octavia 18310098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan computational thinking
siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan
introvert. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil
dalam penelitian ini yaitu 4 siswa dari kelas IX-A SMP Negeri 34 Semarang tahun ajaran
2022/2023, terdapat 30 subjek penelitian dan diambil dari angket EPQ-R yang terdiri dari 2
siswa dengan tipe kepribadian extrovert dan 2 siswa dengan tipe kepribadian introvert.
Penentuan subjek penelitian didasarkan pada angket tes EPQ-R. Pengumpulan data yang
dilakukan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan
yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu dilakukan dengan cara mengecek data dari
sumber yang sama dan teknik yang berbeda. Hasil tes dan wawancara mengacu pada indikator
computational thinking. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) dekomposisi atau
mengidentifikasi informasi dan pertanyaan pada permasalahan yang ada pada soal tidak mampu
dipenuhi oleh kedua tipe kepribadian baik tipe kepribadian extrovert maupun introvert (2)
Pengenalan pola atau cara mengenali pola atau karakteristik pada permasalahan yang ada pada
soal hanya mampu dipenuhi dengan tipe kepribadian introvert (3) Algoritma atau proses
langkah-langkah yang logis mampu dipenuhi 2 tipe kepribadian yaitu extrovert dan introvert (4)
Generalisasi pola atau menyebutkan pola umum dari persamaan atau perbedaan dan menarik
kesimpulan tidak mampu untuk dipenuhi kedua tipe kepribadian. Siswa dengan tipe kepribadian
extrovert memenuhi satu dari indikator kemampuan computational thinking yaitu algoritma,
sedangkan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert mampu memenuhi dua dari empat
indikator yaitu pengenalan pola dan algoritma.
Kata Kunci : Computational thinking; Pemecahan masalah; Extrovert; Introvert

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:35
Last Modified: 19 Jan 2024 07:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item
View Item