Sulistiawati, Oktavia Eny (2023) IMPLEMENTASI PERMAINAN DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
OKTAVIA ENY SULISTIAWATI 19150012.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Oktavia Eny Sulistiawati. NPM 19150012. “Implementasi Permainan Diorama
Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 4-5 Tahun”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Mila Karmila, S.Pd., M.Pd. dan
Dosen Pembimbing II Dr. Agung Prasetyo, S.Psi.,M.Pd ., Desember, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi pada pentingnya kemampuan berbahasa bagi
anak usia dini. Berdasarkan pengamatan dalam studi pendahuluan yang dilakukan
penulis di TK Rumah Kita Semarang menunjukkan bahwa kemampuan bahasa
ekspresif anak khususnya dalam mengungkapkan perasaan dengan kata sifat masih
rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif
anak dengan menggunakan media permainan diorama. Sehingga, harapannya
dengan bermain dapat menjadi media yang menarik dan efektif dalam
pembelajaran. Permainan diorama ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat
membantu pengembangan berbagai keterampilan bahasa ekspresif anak. Fokus
penelitian dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana permainan
diorama dapat menstimulasi kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan bahasa ekspresif
anak usia dini melalui pengembangan permainan diorama. Penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Sedangkan metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang pada
umumnya mengumpulkan data dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dengan
melalui observasi langsung, wawancara, analisis dokumen, atau catatan lapangan.
Peneliti melakukan penelitian di TK RUMAH KITA yang beralamat di Jalan Bukit
Cemara Indah C1/11, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan
data menggunakan teknik triangulasi yaitu teknik pemeriksaan data yang
memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data untuk keperluan pengecekan atau
sebagai pembanding terhadap data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media diorama dapat
meningkatkan keterampilan bahasa ekspresif anak. Anak dapat lebih percaya diri
dan dapat bebas berpendapat dalam menceritakan materi yang didapatkan. Aspek
yang terstimulasi seperti kemampuan menceritakan kembali cerita yang pernah
dialami, kemampuan berbicara dengan menggunakan kalimat sederhana,
kemampuan anak untuk mengemukakan pendapat, kemampuan dalam
mengungkapkan perasaan yang menggunakan kata sifat seperti nakal, baik, senang,
berani, baik hati, bagus, dan keren. Kemudian, kemampuan menyebutkan kosa kata
yang telah dikenal dan kemampuan dalam memperkaya perbendaharaan kata serta
kemampuan berpartisipasi dalam suatu percakapan, kemampuan anak untuk
menyatakan ekspresi perasaan emosi, kemampuan bertanya dan menjawab
menggunakan kalimat yang benar, kemampuan anak untuk menyatakan alasan
terhadap sesuatu yang diinginkan maupun ketidaksetujuannya terhadap suatu hal,
dan kemampuan anak dalam komunikasi dua arah juga dapat terstimulasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 07:30 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 03:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/156 |