IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI HABITUASI DI KELAS IV SD ISLAM SJARIFUDIN KABUPATEN KENDAL

Asfika, Shofi (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI HABITUASI DI KELAS IV SD ISLAM SJARIFUDIN KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SHOFI ASFIKA 19120049.pdf] Text
SHOFI ASFIKA 19120049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

SHOFI ASFIKA. NPM 19120049. “Implementasi Pendidikan Karakter Profil
Pelajar Pancasila melalui Habituasi di Kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten
Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Duwi Nuvitalia,
S.Pd, M.Pd dan Dosen Pembimbing II Dr. Lina Putriyanti, S.Pd, M.Pd. Maret
2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru dari
Kemendikbud yang tertuang pada Permendikbud No. 22 Tahun 2020 tentang
Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024
terkait Profil Pelajar Pancasila yang dalam praktik di lapangan masih belum
mencapai tahap ideal. Masifnya degradasi moral pada jenjang SD menjadi
problematika kompleks yang harus segera dibendung dan diatasi bersama. Oleh
sebab itu, maka dibutuhkannya pendidikan karakter untuk memperbaiki akhlak
atau tabiat siswa agar mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan karakter menjadi
tonggak paling tertinggi dalam mengarungi ilmu kehidupan.
Fokus penelitian ini, di antaranya: (1) bagaimanakah implementasi
pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD
Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?, (2) bagaimakah peranan guru dalam
membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD
Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?, (3) apa saja faktor penghambat dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui
habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?, (4) apa saja faktor
pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Profil Pelajar
Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?,
dan (5) apa saja program penunjang pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila
melalui habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) implementasi pendidikan karakter
Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin
Kabupaten Kendal, (2) peranan guru dalam membentuk karakter Profil Pelajar
Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal,
(3) faktor penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Profil
Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten
Kendal, (4) faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter
Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin
Kabupaten Kendal?, dan (5) program penunjang pendidikan karakter Profil
Pelajar Pancasila melalui habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil
dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, angket, dan
dokumentasi. Setting penelitian dilakukan di SD Islam Sjarifudin Kabupaten
Kendal Kabupaten Kendal. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV, guru kelas
IV/Waka kurikulum, guru bidang kesiswaan, dan kepala SD Islam Sjarifudin.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter
profil pelajar Pancasila melalui habituasi di SD Islam Sjarifudin, di antaranya: (1)
pembiasaan membaca zikir pagi dan asmaul husna bersama, (2) melaksanakan
salat Zuhur berjamaah dan salat Duha tepat waktu, (3) menghafal Al-Quran, (4)_mempelajari lintas bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris,
(5)_menggunakan produk buatan dalam negeri, (6)_pembiasaan piket kelas
bersama, (7) mengerjakan tugas sendiri, (8) pembiasaan mencuci piring setelah
makan siang, (9) aktif berpendapat, dan (10) membuat telur asin khas Kendal.
Selanjutnya, hasil angket dan lembar observasi menunjukkan tingkat
implementasi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila yang dijalankan sudah
membudaya dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 82,22%. Namun,
khusus nilai karakter kreatif masih dalam kategori mulai berkembang. Faktor
penghambat dalam menerapkan habituasi karakter Profil Pelajar Pancasila, di
antaranya: sarana prasarana yang kurang mendukung, tingkat kesadaran siswa
masih rendah, keterbatasan guru dalam mendesain RPP/modul ajar, dan faktor
lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang mendukung. Upaya dukungan
yang ada yaitu adanya tata tertib untuk warga sekolah, integrasi pendidikan
karakter dalam kurikulum sekolah, dan adanya program kegiatan penunjang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang didapatkan adalah pihak
sekolah diharapkan dapat memberikan monitoring dan evaluasi terhadap
perkembangan penguatan pendidikan karakter, siswa hendaknya selalu mengikuti
program kegiataan di sekolah, orang tua hendaknya membiasakan pendidikan
karakter dan memberi tauladan yang baik di rumah, dan bagi pembaca diharapkan
dapat mengembangkan inovasi penelitian ini ke arah yang lebih baik daripada
penelitian sebelumnya.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Habituasi, Profil Pelajar Pancasila
(4)_mempelajari lintas bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris,
(5)_menggunakan produk buatan dalam negeri, (6)_pembiasaan piket kelas
bersama, (7) mengerjakan tugas sendiri, (8) pembiasaan mencuci piring setelah
makan siang, (9) aktif berpendapat, dan (10) membuat telur asin khas Kendal.
Selanjutnya, hasil angket dan lembar observasi menunjukkan tingkat
implementasi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila yang dijalankan sudah
membudaya dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 82,22%. Namun,
khusus nilai karakter kreatif masih dalam kategori mulai berkembang. Faktor
penghambat dalam menerapkan habituasi karakter Profil Pelajar Pancasila, di
antaranya: sarana prasarana yang kurang mendukung, tingkat kesadaran siswa
masih rendah, keterbatasan guru dalam mendesain RPP/modul ajar, dan faktor
lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang mendukung. Upaya dukungan
yang ada yaitu adanya tata tertib untuk warga sekolah, integrasi pendidikan
karakter dalam kurikulum sekolah, dan adanya program kegiatan penunjang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang didapatkan adalah pihak
sekolah diharapkan dapat memberikan monitoring dan evaluasi terhadap
perkembangan penguatan pendidikan karakter, siswa hendaknya selalu mengikuti
program kegiataan di sekolah, orang tua hendaknya membiasakan pendidikan
karakter dan memberi tauladan yang baik di rumah, dan bagi pembaca diharapkan
dapat mengembangkan inovasi penelitian ini ke arah yang lebih baik daripada
penelitian sebelumnya.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Habituasi, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:24
Last Modified: 19 Jan 2024 07:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item
View Item