ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TK Hj ZUMRONAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI ERA PANDEMI COVID-19

CANDRA, ELISA YULINA (2023) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TK Hj ZUMRONAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI ERA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ELISA YULINA CANDRA 16150019.pdf] Text
ELISA YULINA CANDRA 16150019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)

Abstract

ELISA YULINA CANDRA. NPM 16150019 “ANALISIS STRATEGI GURU
DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TK Hj ZUMRONAH
MELALUI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI ERA PANDEMI COVID-
19. Skripsi Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2023.
Latar Belakang masih banyak orang tua yang kurang senang nak-anaknya
belajar menggunakan pembelajaran daring. Minat anak-anak dalam pembejaran online
ini sangat sedikit. Orang tua lebih senang tatapan muka karena anak bisa paham materia
apa aja yang diberikan oleh guru. Anak juga mengikuti apa yang diajarkan oleh
gurunya.
Fokus penelitian Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka permasalahan
penelitian focus kepada “Mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan
minat belajar siswa TK Hj Zumronah melalui pembelajaran daring di era pandemic
covid-19.
Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.
Data dalam penelitian ini adalah guru, orangtua siswa TK Hj Zumronah. Teknik
pengumpulan dana melalui observasi, wawancara, dokumentasi dari trigulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan yaitu daring,
luring dan bisa campuran, atau bisa disebut blended learning. Faktor pendukung strategi
pembelajaran daring yaitu lebih bisa memanfaatkan teknologi, orangtua bisa dekat
dengan anak, untuk menyampaikan pesan atau menerima informasi. Untuk faktor
pendukung strategi pembelajaran luring yaitu terbukanya sistem pembelajaran secara
langsung pada zona kuning dan hijau. Faktor penghambat penggunaan strategi
pembelajaran daring yaitu tidak memiliki hp, kuota internet dan jaringan internet yang
lemot.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:22
Last Modified: 19 Jan 2024 07:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item
View Item