UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DENGAN MEDIA LOOSE PART PADA ANAK KELAS B2 USIA 5–6 TAHUN TKIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN 2022/2023

ALFIATUN, SITI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DENGAN MEDIA LOOSE PART PADA ANAK KELAS B2 USIA 5–6 TAHUN TKIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN 2022/2023. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SITI ALFIATUN 21156062.pdf] Text
SITI ALFIATUN 21156062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SITI ALFIATUN. NPM 21156062. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak
Dengan Media Loose Part Pada Anak Kelas B2 Usia 5–6 Tahun TKIT Nidaul
Hikmah Salatiga Tahun 2022 / 2023”.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kreativitas
anak kelas B2 TKIT Nidaul Hikmah yang ditandai dengan beberapa anak
cenderung menyerah dengan tantangan yang baru, kurang percaya diri / kurang
berani dalam bereksplorasi dan berekspresi, lebih sering meniru guru atau teman
lain dalam menyelesaikan pekerjaan, masih tergantung pada contoh yang diberikan
guru dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi ini terjadi karena beberapa faktor
diantaranya penggunaan media dalam pembelajaran masih terbatas dengan
menggunakan kertas, spidol atau kertas lipat yang kurang memberi ruang untuk
berkembangnya kreatifitas anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui
media loose part pada siswa kelompok B2 TKIT Nidaul Hikmah Salatiga tahun
2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II pada bulan Mei 2023
bertempat di TKIT Nidaul Hikmah Salatiga. Subyek penelitian adalah kelompok
B2 yang berjumlah 10 anak yang terdiri atas 5 anak laki – laki dan 5 anak
perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) membuat
perencanaan, (2) melakukan tindakan, (3) Mengadakan pengamatan terhadap
tindakan, (4) Merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3
kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan Teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat ditingkatkan
melalui penggunaan media loose part. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya
kretivitas anak dalam setiap pertemuan baik dalam siklus 1 maupun siklus 11. Pada
awal tindakan terdapat 5 anak yang kreativitasnya berkembang sangat baik,
sedangkan pada akhir tindakan 8 anak kreativitasnya berkembang sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik klesimpulan bahwa
x
kreativitas anak dididk kelompok B2 TKIT Nidaul Hikmah Salatiga semester II
Tahun Ajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan melalui penggunaan media loose part.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru dapat
menggunakan kegiatan bermain Loose Part yang dapat meningkatkan
kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:29
Last Modified: 03 Jan 2024 07:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item
View Item