ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP KELAS VIII SEMARANG

Alvianti, Shintya Dewi Meilla (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP KELAS VIII SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Shintya Dewi Meilla Alvianti 16310032.pdf] Text
Shintya Dewi Meilla Alvianti 16310032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah erat kaitannya dengan keyakinan siswa dalam
menyelesaikan soal, karena keyakinan yang dimiliki siswa dalam pemecahan
masalah akan mempengaruhi hasil belajar siswa, keyakinan yang dimaksud adalah
self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan
masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP Hasanuddin 6 Semarang.
Pelaksanaan penelitian di lakukan di SMP Hasanuddin 6 Semarang. Subjek
penelitian yang di ambil 3 siswa kelas VIII C SMP Hasanuddin 6 Semarang dengan
tingkat self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian deskriptif
kualitatif. Intrumen dalam kemampuan ini berupa angket self efficacy, soal tes
tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis dan pedoman wawancara.
Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa subjek dengan self efficacy yang tinggi memenuhi semua indikator
kemampuan pemecahan masalah, subjek dengan self efficacy sedang memenuhi
tiga indikator kemampuan pemecahan masalah, dan subjek dengan self efficacy
rendah belum memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matetmatis dan Self Efficacy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:17
Last Modified: 19 Jan 2024 07:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item
View Item