PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP CINDE SEMARANG

LESTARI, EKA WAHYU (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP CINDE SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of EKA WAHYU LESTARI 19110198.pdf] Text
EKA WAHYU LESTARI 19110198.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Eka Wahyu Lestari. NPM. 19110198. Skripsi. Maret 2023. “Pengaruh
Layanan Bimbingan Klasikal dengan Media Audiovisual dalam Meningkatkan
Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Cinde Semarang”. Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dra.Wiwik Kusdaryani, M.Pd dan Pembimbing II Desi
Maulia, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang dialami oleh
peserta didik kelas VIII SMP Cinde Semarang, yaitu 1) Peserta didik belum
memiliki kemauan atau inisiatif untuk belajar, 2) Peserta didik merasa kurang
bersemangat dalam belajar, 3) Peserta didik belum dapat bertanggung jawab atas
tugas belajarnya, 4) Peserta didik belum dapat mengarahkan dirinya guna untuk
mencapai tujuan belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan media audiovisual dalam
meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Cinde Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan
model penelitian pretest posttest Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Cinde Semarang yang
berjumlah 45 peserta. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A
SMP Cinde Semarang dengan jumlah 22 peserta. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan skala likert, yakni membuat skala kemandirian
belajar yang berisi pernyataan-pernyataan faviorable dan unfaviorable. Teknik
analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji
homogenitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji pairet sampel t-
test.
Implementasi layanan bimbingan klasikal dengan media audiovisual dalam
meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII di SMP Cinde
Semarang dilaksanakan melalui tiga tahapan yakni: 1) tahap awal, 2) tahap inti, 3)
tahap akhir. Hasil uji hipotesis , diperoleh hasil signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Jadi, terdapat perbedaan yang signifikasi antara variabel awal (pretest) dengan
variabel akhir (posttest). Dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga
ada pengaruh yang signifikan terhadap sikap kemandirian belajar peserta didik
kelas VIII SMP Cinde Semarang setelah diberikan tindakan atau perlakuan yaitu
implementasi layanan bimbingan klasikal dengan media audiovisual.
Kata Kunci: Bimbingan klasikal, media audiovisual, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:15
Last Modified: 19 Jan 2024 07:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1544

Actions (login required)

View Item
View Item