PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI METODE BIMBINGAN INTENSIF BAGI KELAS VI SEMESTER II DI SD NEGERI 01 PONOLAWEN KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN

Sobirin, Sobirin (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI METODE BIMBINGAN INTENSIF BAGI KELAS VI SEMESTER II DI SD NEGERI 01 PONOLAWEN KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Sobirin 21126009.pdf] Text
Sobirin 21126009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan penulisan surat resmi oleh siswa yang lemah menjadi akibat
atas waktu pembelajaran yang dialokasikan untuk menulis cenderung sedikit.
Sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya keterampilan menulis siswa.
Dalam pembelajaran menulis siswa, pengetahuan dan pengalaman yang didapat
masih kurang. Setelah jenjang sekolah berhasil ditamatkan, terdapat kekhawatiran
siswa belum memiliki kemampuan terhadap penggunaan bahasa guna
keterampilan menulis yang benar dan tepat. Pada pembelajaran menulis, siswa
kurang mendapat pemahaman hakikat menulis, saat mendapat kesempatan
menulis surat resmi, mutu tulisan cenderung tidak dipentingkan oleh siswa,
termasuk bahasa yang digunakan akibat terlalu fokus pada sistematika penulisan
surat resmi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 01 Ponolawen dengan jumlah 26
siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan deskriptif
kualitatif. Data diperoleh melalui instrumen penelitian dengan menggunakan
lembar soal dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
tes dan non tes.
Dengan penilaian yang dilakukan oleh observer rata-rata penilaian 2,00
dengan persentase 50%. Perbaikan keterampilan guru pada siklus II sudah
menunjukan hal yang positif dengan ditandai dengan meningkatnya skor
keterampilan guru dibanding dengan siklus I dan sudah mendapatkan kriteria
baik. Hasil penilaian aktivitas siswa untuk siklus I diperoleh jumlah nilai 286 rata
rata penilaian 11,00 dengan kriteria cukup. Sedangkan penilaian aktivitas siswa
siklus II memperoleh nilai 456 dengan rata-rata penilaian 17,53 dengan kriteria
baik. Hal ini dapat dilihat bahwa ter jadi kenaikan dari siklus I sampai siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik simpulan
keterampilan guru dalam pembelajaran meningkat dilihat dari silklus I
memperoleh 50 % dan dalam siklus II meningkat menjadi 87,5 % Dengan Metode
Bimbingan Intensif dapat meningkatkan keterampilan Menulis surat Resmi pada
pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 01 Ponolawen. Peningkatan
tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari pembelajaran siklus
I dengan persentase ketuntasan belajar 73,62 % menjadi 92,29% pada persentase
ketuntasan pembelajaran siklus II.
Saran yang dapat disampaikan peneliti hendaknya guru selalu
meningkatkan keprofesionalnya untuk mengantisipasi perkembangan zaman, yang
semakin rumit dan komplek dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:16
Last Modified: 19 Jan 2024 07:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item
View Item