APLIKASI AUGMENTED REALTY BERBASIS MARKER KATALOG RUMAH (STUDI KASUS: PT. KOTA SATU PROPERTI DI KAB.SEMARANG)

ROMADHON, MAULANANNUR (2023) APLIKASI AUGMENTED REALTY BERBASIS MARKER KATALOG RUMAH (STUDI KASUS: PT. KOTA SATU PROPERTI DI KAB.SEMARANG). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MAULANANNUR ROMADHON 16670032.pdf] Text
MAULANANNUR ROMADHON 16670032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan teknologi Augmented Reality (AR) telah membawa inovasi dalam berbagai
industri, termasuk properti dan perumahan. Skripsi ini mengusulkan dan mengimplementasikan
sebuah sistem Augmented Reality berbasis marker untuk katalog rumah, dengan menggunakan
metode pengembangan waterfall. Penelitian ini juga melibatkan pengujian white box dan black
box untuk menguji kualitas perangkat lunak, serta uji pengguna (UAT) yang melibatkan 5
responden untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan sistem.
Metode waterfall digunakan sebagai kerangka kerja pengembangan dalam proyek ini, yang terdiri
dari tahap analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan implementasi. Sistem
AR mengizinkan pengguna untuk mengalami visualisasi 3D dari rumah-rumah yang terdapat
dalam katalog melalui perangkat Android. Dalam pengujian white box, ditemukan bahwa 100%
kode memiliki cakupan pengujian yang memadai, sementara pengujian black box menghasilkan
100% kasus pengujian berhasil.
Uji pengguna dilakukan dengan melibatkan 5 responden yang menggunakan berbagai perangkat
Android, termasuk Infinix Hot 11, Xiaomi Redmi Note 9, Redmi Note 9, Redmi 5, dan Redmi 4A.
Hasil dari uji pengguna ini menunjukkan bahwa 70% responden mengalami keberhasilan dalam
menggunakan sistem AR berbasis marker untuk menjelajahi katalog rumah.
Dengan demikian, skripsi ini menyajikan implementasi berhasil dari sistem AR berbasis marker
untuk katalog rumah dengan menggunakan metode waterfall. Hasil pengujian white box dan black
box menunjukkan kualitas yang tinggi dalam pengembangan perangkat lunak ini. Meskipun
tingkat keberhasilan UAT mencapai 70%, langkah-langkah lebih lanjut dapat diambil untuk
meningkatkan interaksi pengguna dan kinerja pada berbagai perangkat Android.
Kata Kunci : Augmented Reality, Marker, Metode Waterfall, Android.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:14
Last Modified: 19 Jan 2024 07:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item
View Item