ERLANGGA, EKA DWI (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BUFF BERBASIS STEAM (SAINS, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
EKA DWI ERLANGGA 19120229.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
EKA DWI ERLANGGA NPM 19120229 “Implementasi Media Pembelajaran
Buff Berbasis STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic)
untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa”. Skripsi. Program Studi
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini 1) Pembelajaran
belum menggunakan media pembelajaran yang menggunakan media berbasis
STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic). 2) Pembelajaran
belum menggunakan media pembelajaran berbasis STEAM (Sains, Technology,
Engeneering, Art, And Mathematic) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi
belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana
implementasi media pembelajaran BUFF berbasis STEAM (Sains, Technology,
Engeneering, Art, And Mathematic) terhadap motivasi belajar pada siswa SDN
Sumbergayam? 2) Bagaimana implementasi media pembelajaran BUFF berbasis
STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic) terhadap prestasi
belajar pada siswa SDN Sumbergayam?. Tujuan yang dituju oleh peneilitian ini
adalah Mendeskripsikan dan mengetahui implementasi media pembelajaran BUFF
berbasis STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic) terhadap
motivasi dan prestasi belajar pada siswa SDN Sumbergayam.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan
menggunakan pres test – post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa SDN Sumbergayam tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 19
siswa kelas 1. Data yang diambil dalam penelitian ini diperoleh dari hasil
Wawancara, Angket, dan Observasi.
Hasil analisis data motivasi dan prestasi belajar siswa dalam uji paired
samples t – test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) > 0, 05 dan nilai signifikan (2-
tailed) < 0, 05. Pada Uji N - Gain Score motivasi belajar diperoleh rata – rata 0,
2315 dan pada prestasi belajar diperoleh rata – rata 0, 4889. Kesimpulan dari hasil
uji bahwa bahwa variabel Y1 dikategorikan rendah. Berdasarkan hasil uji N – Gain
variabel Y2 (Pestasi Belajar) menunjukkan bahwa nilai rata – rata yang diperoleh
dari varibel Y2 adalah 0, 4889 yang diartikan bahwa variabel motivasi belajar tidak
ada perubahan yang siginifikan dan pada variabel prestasi belajar dikategorikan
sedang. Media Pembelejaran Buff berbasis STEAM efektif dengan kategori sedang
digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media
pembelajaran buff berbasis STEAM dapat menjadi bantuan untuk pembelajaran
yang inovatif, kreatif, dan menjadi terobosan baru dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 07:10 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 07:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1539 |