Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Statistika

Santoso, Edy (2023) Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Statistika. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Edy Santoso 19310097.pdf] Text
Edy Santoso 19310097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa saat ini masih tergolong rendah. Rendahnya
kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran
yang dapat menarik minat siswa. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan e-
modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa materi statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengembangan e-modul berbasis problem based learning yang layak dan praktis
digunakan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP materi statistika, dan
mengetahui efektivitas e-modul berbasis problem based learning terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa SMP materi statistika. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan dengan metode ADDIE dengan desain the non-equivalent
control grup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi kevalidan e-
modul berdasarkan ahli yang meliputi validasi media sebesar 85,33%, validasi materi
sebesar 90%, validasi aspek PBL sebesar 88%, validasi aspek kemampuan berpikir
kritis sebesar 85%, dan validasi bahasa sebesar 86,67%. Dari keseluruhan hasil
validasi tersebut, e-modul yang dikembangkan valid berkategori sangat baik. Nilai
rata-rata angket respon peserta didik terhadap e-modul yang telah dikembangkan
mencapai nilai 79.83%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai 79.83% berkategori praktis
dalam digunakan di pembelajaran. Penggunaan bahan ajar e-modul berbasis problem
based learning efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran. Hal ini dibuktikan oleh angket respon peserta didik, aktivitas belajar
siswa, dan terdapat perbedaan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen dan kelas
kontrol yang signifikan.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Bahan Ajar, E-modul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:08
Last Modified: 19 Jan 2024 07:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item
View Item