ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH PADA GARIS BILANGAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

ROKHAYATUN, SITI (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH PADA GARIS BILANGAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Siti Rokhayatun 16120045.pdf] Text
Siti Rokhayatun 16120045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan
menyelesaikan soal kesulitan belajar matematika siswa kelas III SD Negeri di
Kecamatan Purwodadi di lihat dari kemampuan menyelesaikan soal penjumlahan
bilangan cacah pada garis bilangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi
kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis
bilangan.
Fokus penelitian ini membahas kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal
belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan dan
faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan
bilangan cacah pada garis bilangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
menganalisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal kesulitan
penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan. (2) Untuk mengidentifikasi
faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi
penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber
data penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru kelas III SD Negeri di
Kecamatan Purwodadi. Prosedur pengumpulan data ini menggunakan tes,
wawancara dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk
mendukung dalam memperoleh data yaitu tes, wawancara, dan kuesioner. Teknik
analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi sumber dan
teknik.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) kesulitan belajar matematika
materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan siswa kelas III SD Negeri
di Kecamatan Purwodadi meliputi: (a) kesulitan memahami konsep, dan (b)
kesulitan menyelesaikan masalah. (2) Faktor penyebab yang mempengaruhi
kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis
bilangan yaitu (a) faktor internal yaitu seperti aspek kognitif, aspek afektif dan
aspek psikomotorik. (b) Faktor eksternalnya seperti lingkungan keluarga dan
lingkungan sekolah.
Saran dalam penelitian ini: (1) kepada siswa yaitu ketika mengerjakan tes
sebaiknya bisa lebih teliti lagi agar tidak mengalami kesalahan dalam pengerjaan
tes, kesalahan-kesalahan yang dialami oleh siswa dapat menjadi pembelajaran
bagi siswa agar tidak melakukan kesalahan lagi dalam mengerjakan tes
penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan. (2) Bagi guru sebaiknya
menyususun perangkat pembelajaran berdasarkan kesulitan yang dialami siswa
saat mempelajari materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:01
Last Modified: 19 Jan 2024 07:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item
View Item