EFEKTIVITAS PERMAINAN TEBAK GAMBAR (TeBar) TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI TK TUNAS HARAPAN DESA PUCANGREJO KECAMATAN GEMUH – KENDAL

SYATITI, DYAH MEITA (2023) EFEKTIVITAS PERMAINAN TEBAK GAMBAR (TeBar) TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI TK TUNAS HARAPAN DESA PUCANGREJO KECAMATAN GEMUH – KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DYAH MEITA SYATITI 19150006.pdf] Text
DYAH MEITA SYATITI 19150006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

DYAH MEITA SYATITI, 19150006, “Efektivitas Permainan Tebak Gambar
(Tebar) Terhadap Minat Belajar Anak Di TK Tunas Harapan Desa Pucangrejo
Kecamatan Gemuh-Kendal”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Mila Karmila, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Dr. Ir. Anita Chandra
Dewi Sagala, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah 1) Minat belajar
anak di sekolah yang masih menggunakan metode klasikal masih kurang. 2)
Kurangnya variasi kegiatan bermain dan belajar anak sehingga kurang menarik
minat belajar anak dan anak mudah teralihkan dengan kegiatan lain. 3) Pendidik
lebih mendominasi sehingga kurang adanya interaksi atau kerja sama antara siswa
dengan siswa ataupun siswa dengan guru. Permasalahan pada penelitian ini adalah
apakah permainan tebak gambar efektif berpengaruh terhadap minat belajar siswa
di TK Tunas Harapan?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
membuktikan apakah permainan tebak gambar (tebar) efektif berpengaruh
terhadap minat belajar anak di TK Tunas Harapan.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap selama 6 hari yang
dimulai dari tanggal 31 Mei 2023 sampai tanggal 10 Juni 2023. Subjek penelitian
adalah siswa kelompok A di TK Tunas Harapan Desa Pucangrejo-Kendal yang
berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 10 anak laki-laki.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data statistik
inferensial. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan observasi.
Hasil analisis data minat belajar pada uji Wilcoxon menunjukkan bahwa
nilai sig. (2-tailed) pada variabel minat belajar sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho
ditolak atau Ha diterima yang artinya media pembelajaran Tebak Gambar (TeBar)
efektif berpengaruh terhadap minat belajar siswa TK Tunas Harapan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
permainan tebak gambar (tebar) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
metode pembelajaran yang dapat di terapkan oleh guru dikelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:54
Last Modified: 19 Jan 2024 06:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item
View Item