ANALISIS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK GROUP PASAR WELERI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM

Kumalaningrum, Dyah Kintan (2023) ANALISIS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK GROUP PASAR WELERI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dyah Kintan Kumalaningrum 16220070.pdf] Text
Dyah Kintan Kumalaningrum 16220070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dyah Kintan Kumalaningrum, “Analisis Penggunaan Sosial Media
Faceboook Group Pasar Weleri Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM”.
Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Peendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media sosial facebook group
untuk meningkatkan penjualan produk UMKM, hambatan apa saja yang dihadapi
dalam penggunaan media sosial facebook group serta usaha untuk menanggulangi
hambatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran
pemanfaatan media sosial facebook group, serta hambatan apa saja yang dihadapi
dalam penggunaan media sosial facebook group.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data diperoleh dari empat informan. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sosial media facebook
group terhadap penjualan UMKM meliputi startegi informasi, merancang promosi,
membangun komunitas, sedangkan kendala dalam penggunaan media sosial
facebook group ada pada manajemen sdm toko, konsumen, dan produk. Serta solusi
untuk menanggulangi hambatan dalam penggunaan media sosial facebook group.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaku UMKM sangat memanfaatkan
adanya media sosial facebook group untuk memasarkan produknya. Dengan
kemudahan media sosial pelaku UMKM sangat mudah mengenalkan produk nya,
selain kemudahan juga ada beberapa kendala yang dirasakan pelaku UMKM seperti
SDM, konsumen dan produk. Saran yang diberikan untuk pelaku UMKM adalah
rajin dan konsisten dalam melakukan kegiatan promosi, banyak berinteraksi kepada
pelanggan atau UMKM lain di media sosial facebook group, saling
merekomendasikan masyarakat mengenai produk-produk UMKM, menjalin
hubungan yang baik kepada pelanggan dan pelaku UMKM.
Kata kunci : facebook, promosi, pelaku usaha

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:51
Last Modified: 19 Jan 2024 06:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1525

Actions (login required)

View Item
View Item