UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS MELALUI PROYEK PEMBUATAN MAINAN GERABAH DI TK AL MADINAH DESA KALIKONDANG KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RATNASARI, DWI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS MELALUI PROYEK PEMBUATAN MAINAN GERABAH DI TK AL MADINAH DESA KALIKONDANG KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DWI RATNASARI 2116049.pdf] Text
DWI RATNASARI 2116049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DWI RATNASARI NPM 21156049 “Upaya Meningkatkan Kreativitas
Motorik Halus Melalui Proyek Pembuatan Mainan Gerabah di TK Al Madinah
Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun Pelajaran
2022/2023”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Muniroh Munawar, S.Pi, M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H,
S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kreativitas anak dalam motorik halusnya, seperti menggunting, memegang
crayon/pensil, membentuk benda dengan plastisin dan meronce sebagian besar
mereka masih kesulitan dan masih membutuhkan bantuan guru. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas motorik halus anak melalui
proyek pembuatan mainan gerabah di TK Al Madinah Desa Kalikondang
Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
sebanyak 15 anak kelompok A di TK Al Madinah Kalikondang Demak tahun
ajaran 2022/2023. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut
dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode proyek pembuatan mainan
gerabah dapat meningkatkan kreativitas motorik halus anak pada kelompok A di
TK Al madinah Kalikondang Demak dengan indikator pencapaiannya sebagai
berikut : kondisi awal sebelum menggunakan metode proyek kreativitas motorik
halus anak masih rendah sekali hanya sebesar 34% pada kritera BSH. Pada siklus
I kreativitas motorik halus anak meningkat 53% pada kriteria BSB. Setelah
dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan metode yang sama yaitu
dengan metode proyek pembuatan mainan gerabah dapat meningkatkan
kreativitas motorik halus anak meningkat menjadi 86% pada ktiteria BSB dan
sudah melebihi indikator yang ingin dicapai.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya Anak TK lebih optimal dalam menggunakan metode proyek untuk
meninngkatkan kreativitas mototrik halus ataupun motorik kasar anak.
Kunci : Metode Proyek, kretaivitas motorik halus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:46
Last Modified: 19 Jan 2024 06:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item
View Item