PAMUNGKAS, DWI RANGGA (2023) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 30 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DWI RANGGA PAMUNGKAS 19110178.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
DWI RANGGA PAMUNGKAS NPM 19110178. “Efektivitas Konseling
Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Perilaku
Asertif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 30 Semarang”. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Peserta didik sering kali melakukan apa saja dan berperilaku sesuai dengan
harapan
teman-temannya,
namun
kadang
sebenarnya
mereka
enggan
melakukannya, keadaan seperti ini dipicu oleh keinginan peserta didik untuk
diakui dan diterima dalam kelompok peserta didik tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah Konseling Kelompok dengan Teknik
Assertive Training efektif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik
kelas VIII di SMPN 30 Semarang. Jenis penelitian ini ialah penelitian quasi
eksperimen dengan metode kuantitatif dengan desain Pre-Test Post-Test Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 97 peserta didik. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta didik yang dikelompokan menjadi
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 10 peserta
didik dan pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan instrument skala dengan 4 alternatif jawaban. Data penelitian
dianalisis menggunakan uji Paired Sampel T-test dengan bantuan IBM SPSS 24.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku asertif peserta didik sebelum diberi
Teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok memiliki nilai rata-
rata pre-test 45.80 dan setelah diberi layanan konseling kelompok dengan Teknik
assertive training nilai rata-rata post-test nya menjadi 54.00. Berdasarkan temuan
hasil penelitian tersebut, maka dapat dikatakan konseling kelompok dengan teknik
assertive training efektif untuk meningkatkan perilaku asertif peserta didik.
Kata kunci:
Konseling Kelompok, Assertive Training, Perilaku Asertif,
Peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 06:44 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1520 |