ANALISIS PENERAPAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KALICARI 02 SEMARANG

Lutfiatussalmah, Siti (2023) ANALISIS PENERAPAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KALICARI 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SITI LUTFIATUSSALMAH 19120238.pdf] Text
SITI LUTFIATUSSALMAH 19120238.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah strategi penguatan
nilai Profil Pelajar Pancasila. Dalam membangun karakter peserta didik, mengacuh
pada ciri utama Profil Pelajar Pancasila. Salah satu target yang akan dicapai untuk
mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah membentuk generasi milenial yang
Pancasialais. Peserta didik memiliki proses perkembangannya secara optimal
dengan melakukan kegiatan pembiasaan di sekolah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan
penguatan nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka kelas IV di SD
Negeri Kalicari 02 Semarang? (2) Bagaimana strategi penguatan penerapan nilai
Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka kelas IV di SD Negeri Kalicari
02 Semarang? (3) Bagaimanakah keefektifan penerapan penguatan nilai Profil
Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka kelas IV di SD Negeri Kalicari 02
Semarang?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian
pada penelitian kualitatif ini menggunakan purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang
diperlukan dari narasumber atau sumber data yang lain adalah metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada penerapan penguatan
profil pelajar pencasila terhadap siswa kelas IV di SD Negeri Kalicari 02 Semarang
dan pengaruh penguatan profil pelajar pencasila terhadap siswa kelas IV di SD
Negeri Kalicari 02 Semarang.
Hasil penelitian yang didapat dari penerapan penguatan Profil Pelajar
Pancasila di SD Negeri Kalicari 02 Semarang yaitu pembentukan karakter siswa
yang sudah sesuai dengan enam dimensi profi pelajar pancasila, diantaranya: (1)
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, (2) Mandiri, (3)
Bernalar kritis, (4) Kreatif, (5) Gotong-royong, dan (6) Kebhinekaan global. Nilai
nilai tersebut diimplementasikan pada kegiatan pembiasaan dan projek. Pembiasaan
yang dilakukan seperti berjabat tangan, berdoa, membaca asmaul husna,
mengerjaka tugas mandiri, solat dzuhur berjamaah, melaksanakan upacara bendera
setiap Hari Senin. Sedangkan pembelajaran berbasis projek yang dilakukan yaitu
pembuatan batik eco print yang dilakukan siswa.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan oleh pihak sekolah yaitu
dengan adanya Projek Pelajar Pancasila diharapkan dapat meningkatkan karakter
siswa, untuk itu dalam pelaksanaannya harus mengedepankan penjabaran nilai
luhur pancasila yang terangkum dalam enam elemen dan jangan hanya
menampilkan gebyar kegiatan saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:43
Last Modified: 19 Jan 2024 06:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item
View Item