UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK RAHAYU DESA NGELOWETAN KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2022-2023

BAIDLOK, DURROTUL (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK RAHAYU DESA NGELOWETAN KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2022-2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DURROTUL BAIDLOK 20156021.pdf] Text
DURROTUL BAIDLOK 20156021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DURROTUL BAIDLOK. NPM 20156021 “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar Pada
Kelompok B Di TK Rahayu Desa Ngelowetan Kecamatan Mijen Kabupaten
Demak Tahun Ajaran 2022-2023”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar, S.Pi, M.Pd. Dosen
Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan komunikasi anak yang disebabkan kurangnya media belajar yang
kurang variatif. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi anak melalui buku cerita bergambar pada anak kelompok
B TK Rahayu Kecamatan Mijen Kabupaten Demak semester II tahun ajaran 2022
/ 2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
sebanyak 20 anak kelompok B di TK Rahayu Mijen Demak tahun ajaran
2022/2023.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa dengan buku cerita bergambar dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi anak pada kelompok B di TK Rahayu Mijen Demak.
Indikator pencapaiannya sebagai berikut : kondisi awal sebelum menggunakan
buku cerita bergambar kemampuan komunikasi anak masih rendah sekali hanya
sebesar 25% pada kritera BSH. Pada siklus I kemampuan komunikasi anak
meningkat menjadi 35% pada kriteria BSB. Setelah dilakukan perbaikan
pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan buku cerita bergambar pop up
dapat meningkat menjadi 80% pada ktiteria BSB dan sudah melebihi indikator
yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:36
Last Modified: 19 Jan 2024 06:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item
View Item