PENGARUH PERMAINAN PESAN BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA 4-5 TAHUN TK ISLAMSUL TANAGUNG 02 SEMARANG

ARIANTININGSIH, SITI (2023) PENGARUH PERMAINAN PESAN BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA 4-5 TAHUN TK ISLAMSUL TANAGUNG 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Siti Ariantiningsih 19150039.pdf] Text
Siti Ariantiningsih 19150039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak dijumpai pada
anak kelompok A yang masih belum cukup mampu menyimak secara aktif. Hal
itu terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung diantaranya anak belum
mampu memusatkan perhatiannya, anak lebih banyak bersenda gurau, anak masih
suka mengganggu dan mengambil barang yang bukan miliknya, anak masih suka
berjalan-jalan ke tempat duduk temannya. Permainan pesan berantai adalah suatu
kegiatan bermain yang mampu meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode permainan
pesan berantai terhadap kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun di TK
Islam Sultan Agung 02 Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah metode permainan pesan berantai
berpengaruh terhadap kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun di TK
Islam Sultan Agung 02 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experimental design
dalam bentuk nonequiivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini
adalah anak didik kelompok A TK Islam Sultan Agung 02 Semarang. Yaitu
kelompok A1 yang terdiri 13 anak dan Kelompok A3 yang terdiri 12 anak.
Hasil penelitian menunjukkan Data akhir kemampuan bahasa reseptif yang
diperoleh menunjukkan kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata
menjadi 27,15. Sedangkan di kelas kontrol rata-rata data akhir sebesar 21,46. Dari
kedua data tersebut kenaikan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada di
kelas kontrol. Kenaikan rata-rata data akhir di kelas eksperimen menunjukkan
bahwa metode permainan pesan berantai mampu mempengaruhi kemampuan
bahasa reseptif anak. Hasil uji t terhadap data awal dan data akhir dengan nilai Sig.
(2-Tiled) 0.005 < 0.05 yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan
demikian terdapat pengaruh metode bermain pesan berantai terhadap kemampuan
bahasa reseptif anak.
Kata kunci : Kemampuan bahasa reseptif, Permainan pesan berantai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:19
Last Modified: 19 Jan 2024 04:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item
View Item