ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA FILM UPIN DAN IPIN EPISODE TIGA (TERSENTUH HATI) DAN EPISODE EMPAT (IKHLAS DARI HATI) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

LESTARI, DINA PUJI (2023) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA FILM UPIN DAN IPIN EPISODE TIGA (TERSENTUH HATI) DAN EPISODE EMPAT (IKHLAS DARI HATI) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DINA PUJI LESTARI 18120061.pdf] Text
DINA PUJI LESTARI 18120061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

DINA PUJI LESTARI. NPM 18120061. “Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada
Film Upin Dan Ipin Episode Tiga (Tersentuh Hati) Dan Episode Empat (Ikhlas
Dari Hati) Bagi Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II: Dr. Riris Setyo Sundari, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Karakter, Film Upin dan Ipin, Siswa SD
Film animasi Upin dan Ipin sangat disukai oleh anak-anak dan remaja,
anak-anak juga suka menirukan gaya bahasa dari Upin dan Ipin. Film animasi
Upin dan Ipin ini mempunyai 6 nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui unsur-unsur yang ada dalam film animasi Upin dan Ipin season lima
episode tiga (Tersentuh Hati) dan episode empat (Ikhlas Dari Hati). Untuk
mengetahui nilai karakter pada film Upin dan Ipin season lima episode tiga
(Tersentuh Hati) dan episode empat (Ikhlas Dari Hati). Dan untuk mengetahui
dampak yang ditimbulkan film upin ipin terhadap nilai karakter anak.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan simak catat.
Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Doplang, populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah guru kelas 2 dan siswa kelas 2 SDN 1 Doplang.
Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Teknik
analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display, dan
conclusion drawing /verification.
Temuan hasil penelitian yang didapatkan berupa adegan atau percakapan
yang mengandung nilai karakter dalam film animasi Upin dan Ipin. Adapun untuk
adegan yang menggambarkan nilai pendidikan karakter. Episode tiga (Tersentuh
Hati) memiliki nilai karakter meliputi: Rasa Ingin Tahu, Kerja Keras, Peduli
Sosial, Bersahabat/komunikatif, dan Kreatif. Sedangkan pada episode tiga (Ikhlas
Dari Hati) memiliki nilai karakter meliputi: Kreatif, Kerja Keras, Peduli Sosial,
Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/komunikatif, dan Menghargai Prestasi.
Saran yang disampaikan yaitu kepada pendidik agar selalu meningkatkan
kualitas pendidikan karakter dalam diri siswa sekolah dasar dengan media yang
menarik serta membimbing anak-anak dengan perkataan, Tindakan, dan teladan
agar anak-anak dapat menjiwai dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-
hari. Kepada orang tua hendaknya dapat mendampingi anak-anak dalam
menonton film di televisi atau gawai sehingga dapat mengontrol dan mengarahkan
anak untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap film yang mereka tonton.
Kepada pembelajaran, film ini mengandung 6 nilai karakter yang dapat dijadikan
referensi guru untuk memberikan pembelajaran mengenai adab atau pembiasaan
karakter kepada siswa-siswi terkhusus anak SD.
Kata Kunci: Nilai Karakter, Film Upin & Ipin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:15
Last Modified: 19 Jan 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item
View Item