Nurvitasari, Septyana Dwi (2023) PENERAPAN MODEL CASE-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT RESMI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 GUNUNGWUNGKAL PATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SEPTYANA DWI NURVITASARI 19410003.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Septyana Dwi Nurvitasari, NPM 19410003. “Penerapan Model Case�based Learning dalam Pembelajaran Menulis Surat Resmi pada Peserta Didik Kelas
VII SMP Negeri 1 Gunungwungkal Pati Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Ika
Septiana, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Latif Anshori Kurniaawan, S.Pd., M.Pd.
Juni 2023.
Kata Kunci: Penerapan Model Case-based Learning, menulis surat resmi.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pada
peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunungwungkal Pati, khususnya
keterampilan menulis surat resmi. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan
penerapan model tertentu untuk meningkatkan keterampilan menulis surat resmi.
Model yang diterapkan adalah model case-based learning.
Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan model case�based learning dalam pembelajaran menulis surat resmi peserta didik kelas VII
SMP Negeri 1 Gunungwungkal Pati tahun ajaran 2022/2023? Adapun tujuan
penelitian ini, yaitu mendeskripkan penerapan model case- based learning dalam
pembelajaran menulis surat resmi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1
Gunungwungkal Pati tahun ajaean 2022/2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 28 peserta didik dengan sampel peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1
Gunungwungkal Pati.
Hasil penerapan menunjukan bahwa penerapan model case-based learning
dalam pembelajaran menulis surat resmi mampu menarik antusias peserta didik,
proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak menimbulkan kebosanan.
Selain itu, peserta didik mampu berpikir kritis, logis, dalam memecahkan sebuah
kasus. Data yang diperoleh dalam menulis surat resmi nilai tertinggi 95, nilai
terendah 50, dan jumlah keseluruhan 2255 dengan nilai rata-rata 81.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai pedoman model
pembelajaran menulis surat resmi salah satunya menggunakan model case-based
learning dalam upaya memperbaiki hasil belajar peserta didik dan memfasilitasi
peserta didik dalam mengembangkan Bahasa Indonesia khususnya materi menulis
surat resmi. Guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran diharapakan dapat
memberikan variasi dalam setiap pembelajarannya. Variasi tersebut berupa model
pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan, sehingga peserta didik
dapat tertarik dan antusias dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 04:15 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 04:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1502 |