PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “SI PEMENANG“ MENGGUNAKAN SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS ANDROID PADA MATERI RENANG PJOK

SAPUTRA, DIMAS FAJAR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “SI PEMENANG“ MENGGUNAKAN SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS ANDROID PADA MATERI RENANG PJOK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIMAS FAJAR SAPUTRA 18230040.pdf] Text
DIMAS FAJAR SAPUTRA 18230040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dimas Fajar Saputra. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Si
Pemenang” Menggunakan Software Articulate Storyline 3 Berbasis Android Pada
Materi Renang PJOK”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan . Universitas PGRI Semarang 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi dikarenakan siswa merasa KBM yang
dilakukan tidak interaktif dan hanya menggunakan bahan ajar LKS yang terkadang
siswa mengalami kesusahan dalam melihat gambar materi teori renang belum
adanya penggunaan media interaktif berbasis android di sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran menggunakan Software
Articulate Storyline 3 berbasis android.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research And
Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE,
Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3)
Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5)
Evaluation (Evaluasi). Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media.
Kemudian dikembangkan dan di uji cobakan kelayakan produk kepada Guru dan 30
siswa kelas VIII MTS N 03 Brebes.
Hasil analisis data melalui deskriptif presentase menunjukkan angket ahli
materi dan ahli media pembelajaran adalah 95% dan 83,25% dengan kategori
sangat baik digunakan tanpa revisi. Hasil analisis angket respon guru adalah 87%
dengan kategori “Sangat layak”. Hasil analisis keefektifan siswa adalah 100%
dengan kategori “Sangat positif”. Hasil analisis efisiensi produk dari hasil uji
validasi ahli materi 95%, media 83,25% dan hasil angket siswa 90% dinyakatakn
“Efisien”. Hasil performa produk dalam aspek tampilan dinyatakan “Sangat layak”
dengan presentase 88,23% untuk aspek isi/materi sangat telah divalidasi ahli materi
dengan kategori “Sangat layak” 92%. Sedangkan untuk analisis kepraktisan siswa
adalah 90% dengan kategori “Sangat layak digunakan”.
Berdasarkan penjelasan di atas maka penggunaan media pembelajaran
multimedia interaktif “Si Pemenang” menggunakan Software Articulate Storyline 3
Berbasis Android Pada Materi Renang PJOK layak digunakan oleh siswa karena
mendapat presentase dari guru PJOK sebesar 87% dalam kategori “Sangat layak”.
Sehingga bagi guru dan siswa dapat menjadikan aplikasi ini sebagai media
interaktif dalam proses pembelajaran materi renang yang mudah dan praktis, serta
bagi peniliti yang ingin mengembangkan aplikasi Si Pemenang agar lebih
berfariatif terkhusus ataupun secara luas dalam penjelasanya.
Kata Kunci: Pengembangan, Si Pemenang, Articulate Storyline 3, Android

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:06
Last Modified: 19 Jan 2024 04:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item
View Item