PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, DISIPLIN GURU DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Semiyem, Semiyem (2023) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, DISIPLIN GURU DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SEMIYEM 20510195.pdf] Text
SEMIYEM 20510195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Semiyem. 2023. Pengaruh Supervisi Akademik, Disiplin Guru dan Iklim
Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri
Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Tesis. Program Studi Manajemen
Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Muhdi, S.H., M.Hum dan Pembimbing II Dr. Noor
Miyono, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) mengetahui besarnya pengaruh supervisi
akademik terhadap kinerja guru, 2) mengetahui besarnya pengaruh disiplin guru
terhadap kinerja guru, 3) mengetahui besarnya pengaruh iklim organisasi sekolah
terhadap kinerja guru, dan 4) mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik,
disiplin guru dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja
guru.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian korelasi asosiatif. Populasi penelitian ini 220 guru dan
sampel penelitian 142 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi
regresi linier sederhana dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Korelasi supervisi akademik
terhadap kinerja guru sebesar 0,884. Pengaruh supervisi akademik secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja guru sebesar 78,1%. 2) Korelasi
disiplin guru terhadap kinerja guru sebesar 0,893. Pengaruh disiplin guru secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap varibel kinerja guru sebesar 79,8%. 3)
Korelasi iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,729. Pengaruh
variabel iklim organisasi sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
kinerja guru adalah sebesar 73,2%. 4) Pengaruh yang signifikan supervisi
akademik, disiplin guru dan iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru dengan
persamaan Ŷ = 2,125 + 0,791 X1 + 1,291 X2 + 1,036 X3. Kemudian nilai koefisien
korelasi r adalah sebesar 0,983. Hasil koefisien determinasi pengaruh variabel X1,
X2 dan X3 terhadap Y adalah sebesar 96,7%. Simpulan penelitian ini adalah
pengaruh yang signifikan supervisi akademik, disiplin guru dan iklim organisasi
sekolah terhadap kinerja guru sebesar 96,7%. Penulis menyarankan agar kepala
sekolah dapat melakukan refleksi dan evaluasi dengan meningkatkan intensitas
supervisi. Kepala sekolah dapat melakukan motivasi dan pembinaan agar memacu
guru untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan berorientasi pada
hasil sehingga dapat meningkatkan kinerja guru.
Kata Kunci: Kinerja guru, Supervisi Akademik, Disiplin Guru, Iklim Organisasi
Sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:06
Last Modified: 19 Jan 2024 04:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item
View Item