HIDAYATURROKHMAH, SHIKHA (2023) PENERAPAN MODEL PAIKEM TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU SD NEGERI BETOKAN 1 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SHIKHA HIDAYATURROKHMAH 17120359.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar pembelajaran Tematik Tema 8 Kelas IV pada SD Negeri Betokan 1
Demak. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam
mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah Model Pembelajaran
PAIKEM tipe Card Sort efektif terhadap hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran tematik Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku SD Negeri
Betokan 1 Demak? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui penggunaan model pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort Efektif
terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik Kelas IV Tema 8
Daerah Tempat Tinggalku SD Negeri Betokan 1 Demak.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian yang
digunakan Pre Experimental Design, sedangkan bentuk desain Pre Experimental
Design yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Betokan 1
Demak. Sampel yang diambil adalah seluruh peserta didik IV SD Negeri Betokan
1 Demak yang berjumlah 22 orang dengan menggunakan teknik probability
sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian yaitu
observasi untuk melihat kondisi awal di lapangan dan mengetahui permasalahan
yang ada di SD Negeri Betokan 1 Demak, tes digunakan untuk mengukur
intelegensi, dokumentasi sebagai penguat data yang diperoleh peneliti selama
observasi dan wawancara untuk menemukan permasalahan yang harus diteliti.
Model pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort merupakan model
pembelajaran yang dapat digunakan untuk semua mata pelajaran. Model
pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort menjadi solusi permasalahan rendahnya
hasil belajar tematik Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku SD Negeri
Betokan 1 Demak. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan
menggunakan uji-t menunjukkan hasil thitung >ttabel yaitu 4,858 > 2,080. Kemudian
untuk ketuntasan belajar Klasikal Posttest diperoleh hasil 77,27%. Maka
kesimpulannya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan model
pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort efektif terhadap hasil belajar pembelajaran
tematik peserta didik kelas IV SD Negeri Betokan 1 Demak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan supaya
model pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort perlu dijadikan alternative dalam
pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan
efektivitas belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 03:57 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 03:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1486 |