NITATALIA, DIAN (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 3 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dian Nitatalia 19410049.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based
Learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VII
SMPN 3 Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif yang didukung dengan data kuantitatif (campuran). Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes dan nontes yang berupa observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi.
Penyajian hasil analisis data dilakukan secara formal dan informal. Penerapan
model ini terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan
pendahuluan berjalan dengan lancar mulai dari salam, doa, presensi, dan
apersepsi. Pada kegiatan apersepsi, peserta didik sangat antusias dan aktif dalam
mencermati, menganalisis, dan memberikan tanggapan. Kegiatan inti, pendidik
membentuk kelompok. Pendidik dapat mengondisikan dan memfasilitasi kegiatan
berkelompok dengan baik, sementara peserta didik sangat bersemangat dalam
diskusi dan presentasi, sehingga pembelajaran menjadi lebih kondusif. Kegiatan
penutup ini dilaksanakan dengan runtut mulai dari memberikan simpulan, refleksi,
tes lisan, rencana tindak lanjut, doa bersama, dan salam. Hasil penerapan tersebut
menunjukkan bahwa pembelajaran model Project Based Learning dapat
diterapkan dalam pembelajaran teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMPN
3 Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini didukung dari hasil pretest sebesar
70,35 mengalami peningkatan ke hasil posttest sebesar 92,5. Selain itu, hasil
wawancara dan angket menunjukkan bahwa peserta didik mampu meningkatkan
kerja sama antarsesama peserta didik, sehingga pembelajaran di kelas menjadi
lebih kondusif. Model tersebut dapat membangkitkan kreativitas peserta didik
dalam menulis teks prosedur, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam
pembelajaran dan mampu membuat teks prosedur menjadi lebih baik lagi. Hasil
observasi juga menunjukkan peserta didik aktif dan antusias selama pembelajaran
berlangsung.
Kata kunci: model Project Based Learning, penerapan, teks prosedur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 03:36 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 03:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1473 |