PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, PERAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI SAMPANGAN 01 SEMARANG KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG

PERMATASARI, DIAN AYU (2023) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, PERAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI SAMPANGAN 01 SEMARANG KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIAN AYU PERMATASARI 16120205.pdf] Text
DIAN AYU PERMATASARI 16120205.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dian Ayu Permatasari. NPM 16120205. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang
Tua, Peran Orang tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas III SD N Sampangan 01 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Sukamto S.Pd., M.Pd. Pembimbing
II. Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. Juli 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai yang dicapai siswa
pada mata pelajaran Matematika dan adanya perbedaan peran orang tua dalam
minat belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
pengaruh tingkat pendidikan orang tua, peran orang tua, dan minat belajar siswa
pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan,
peran orang tua, dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa
SD Negeri Sampangan 01 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Penelitian
ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional.
Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 28 siswa kelas III di SD
Negeri Sampangan 01 Kecamatan Gajahmungkur dengan teknik pemilihan
sampelnya adalah purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan
kuesioner dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan statistik deskriptif
dan statistik inferensial dengan regresi linear berganda pada aplikasi IBM SPSS
for windows v22.
Dari hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=20,921 +
0.353X1+ 0,341X2+ 0,378X3 hasil analisis regresi linear berganda terlihat bahwa
variabel peran orang tua mempunyai nilai yang lebih besar dalam mempengaruhi
hasil yang belajar. Dari hasil uji F diperoleh , Fhitung > Ftabel yaitu 10.070 >
3,01. Dari hasil uji T dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan orang tua,
peran orang tua, dan minat belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar siswa dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis koefisien
determinasi sebesar 0,557 atau 55,7% variabel tingkat pendidikan orang tua, peran
orang tua, dan minat belajar dapat menerangkan variasi variabel hasil belajar,
sedanghan sisanya 49,8% dipengaruhi diluar variabel penelitian. Hasil kontribusi
dari sumbangan efektif dan relatif per variabel tingkat pendidikan orang tua
sebesar 21,3%, peran orang tua sebesar 15%, dan minat belajar siswa 19,4%.
Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orangtua, peran orang tua, dan
minat belajar siswa mata pelajaran matematika berpengaruh pada hasil belajar
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya orang tua memperhatikan dan mengembangkan sikap belajar anaknya
kearah yang lebih baik, dengan selalu membina hubungan yang harmonis dengan
anaknya, artinya orang tua harus mengerti dan memahami perbedaan individu
maupun potensi yang dimiliki anaknya.
Kata kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Peran Orang Tua, Minat Belajar
Siswa, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:34
Last Modified: 19 Jan 2024 03:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item
View Item