UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI TK ISLAM DAARUS SALAAM GAYAMSARI TAHUN AJARAN 2022/2023

Maghfiroh, Sarfiatul (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI TK ISLAM DAARUS SALAAM GAYAMSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SARFIYATUL MAGHFIROH 20156040.pdf] Text
SARFIYATUL MAGHFIROH 20156040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)

Abstract

SARFIATUL MAGHFIROH. NPM 20156040 “Upaya Meningkatkan Bahasa
Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Darus Salaam Gayamsari Tahun
Pelajaran 2022 / 2023. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan Bahasa anak, bahkan yang dapat menguasai bahasa, itupun masih
sebatas menyimak dan menirukannya kembali. Dalam menyampaikan secara
benar dan tepat, mereka harus menyimak secara berulang-ulang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang upaya meningkatkan
bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Islam Darus Salaam Gayamsari Tahun Pelajaran
2022 / 2023. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan
meningkatkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Islam Darus Salaam
Gayamsari Tahun Pelajaran 2022 / 2023.
Jenis Peneliatian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
adalah anak TK Islam Darus Salaam Gayamsari berjumlah 12 anak yang terdiri
dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data berupa
perencanaan, pelaksaaan, observasi, dan refleksi.
Peningkatan kemampuan Bahasa anak berhasil apabila persentasi
kemampuan bahasa anak mencapai 75%. Hasil penelitian dengan menggunakan
dua siklus diperoleh peningkatan kemampuan Bahasa anak. Hal ini dibuktikan
dengan adanya peningkatan kemampuan Bahasa anak dari prasiklus 25%
kemudian pada siklus I meningkat menjadi 42% dan pada siklus II meningkat
sebesar 83% . Kesimpulannya bahwa kemampuan bahasa anak meningkat melalui
metode kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya metode bermain kelompok dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
guru TK dalam meningkatkan kemampuan Bahasa anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:28
Last Modified: 19 Jan 2024 03:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item
View Item