UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL QUR’AN TERPADU NUR CHAMMAD NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SUSILASTUTI, DIAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL QUR’AN TERPADU NUR CHAMMAD NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIAH SUSILASTUTI 21156022.pdf] Text
DIAH SUSILASTUTI 21156022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

DIAH SUSILASTUTI, NPM 21156022, Judul : “Upaya Upaya
Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Buku Cerita Bergambar
Pada Anak Kelompok B Di PAUD Al Qur’an Terpadu Nur Chammad
Desa Pandeyan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun
Pelajaran 2022/2023”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar,S.Pi.,M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi
Prasetiyawati D.H.S.Pd.M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini bahwa, pentingnya
kemampuan bercerita bagi anak usia dini. Berdasarkan pengamatan
pendahuluan yang dilakukan penulis di PAUD Al Qur’an Terpadu Nur
Chammad kelas Utsman Bin Affan kelompok B ternyata menunjukkan
bahwa kemampuan bercerita anak masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada
saat guru memberikan apersepsi dan pemberian tugas kepada anak untuk
bercerita.
Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus, media yang digunakan adalah buku cerita bergambar, subjek
penelitian kemampuan bercerita anak adalah kelompok B kelas Utsman bin
Affan PAUD Al Qur’an Terpadu Nur Chammad Desa Pandeyan Kecamatan
Ngemplak Kabupaten Boyolali sebanyak 10 anak. Penelitian ini dirancang
dengan menggunakan model siklus, yang dimulai dengan pengamatan
prasiklus dengan tiga kali pertemuan, kemudian dilaksanakan tindakan
perbaikan pada siklus I dan II, masing-masing siklus dilaksanakan tiga kali
pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas empat tahapan yaitu (1) membuat
rencana tindakan, (2) melaksanakan tindakan , (3) mengadakan pengamatan,
(4) refleksi, hasil refleksi menjadi masukan pada perencanaan untuk siklus
berikutnya.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa hasil ketuntasan mengalami
grafik peningkatan setiap pertemuannya, dimana dapat diketahui bahwa hasil
akhir prasiklus sebanyak 0 siswa atau 0 % yang berkembang sangat baik,
siklus satu sebanyak 6 anak atau 60% yang berkembang sangat baik, siklus
dua mencapai tuntas sebanyak 8 anak atau 80%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hipotesis yang peneliti sampaikan dalam penelitian ini,
yaitu bahwa kegiatan bercerita menggunakan buku cerita bergambar dapat
meningkatkan kemampuan bercerita anak dikelompok B Kelas Utsman Bin
Affan PAUD Al Qur’an Terpadu Nur Chammad Desa Pandeyan Kecamatan
Ngemplak Kabupaten Boyolali..
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru dapat menggunakan
buku cerita bergambar dalam pembelajaran bercerita untuk meningkatkan
kemampuan bercerita anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:27
Last Modified: 19 Jan 2024 03:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item
View Item