ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MATERI PERKALIAN

WULAN, DIAH NAWANG (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MATERI PERKALIAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIAH NAWANG WULAN 19120382.pdf] Text
DIAH NAWANG WULAN 19120382.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Diah Nawang Wulan. NPM 19120382. “Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam
Menyelesaikan Materi Perkalian”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak siswa yang
belum bisa mengerjakan soal perkalian dengan baik, khususnya pada saat menghafal
perkalian 1-10. Sehingga peneliti ingin melihat lebih dalam apa kesulitan dalam
menyelesaikan perkalian yang dialami oleh siswa dan faktor penyebabnya. Hal ini
menjadi daya tarik peneliti untuk mengetahui lebih lanjut.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kesulitan yang
dialami siswa kelas II di SD Negeri Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati
dalam menyelesaikan materi perkalian? (2) Apa faktor yang menyebabkan siswa kelas II
mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan materi perkalian di SD Negeri
Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa kelas II di SD
Negeri Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati dalam menyelesaikan materi
perkalian dan (2) menganalisis faktor yang menyebabkan siswa kelas II mengalami
kesulitan belajar dalam menyelesaikan materi perkalian di SD Negeri Pagendisan
Kecamatan Winong Kabupaten Pati.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan metode fenomenologi. Sumber data pada penelitian ini bersumber guru dan siswa
kelas II SD Negeri Pagendisan. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan tes,
wawancara guru dan siswa, serta angket yang diberikan kepada siswa. Metode analisis
data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesulitan yang dialami siswa
kelas II di SD Negeri Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati dalam
menyelesaikan materi perkalian yaitu kesulitan dalam menghitung perkalian dan
pemahaman bahasa matematika yang kurang. (2) Faktor yang menyebabkan siswa kelas
II mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan materi perkalian di SD Negeri
Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati yaitu faktor internal yang meliputi (a)
sikap dalam pembelajaran, (b) minat siswa terhadap pembelajaran, (c) motivasi siswa
dalam pembelajaran, dan (d) siswa tidak lancar menulis dan membaca. Faktor eksternal
yang meliputi (a) aspek media dan alat penunjang pembelajaran, (b) kurangnya
bimbingan dari orang tua, dan (c) kondisi ruang kelas.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan kepada guru yaitu (1) supaya
membiasakan siswa untuk menghafal perkalian secara rutin, (2) sebaiknya guru
menjelaskan secara sederhana konsep dasar perkalian agar siswa mampu memahami
perkalian, (3) pembelajaran perkalian sebaiknya lebih bervariasi dan menyenangkan agar
mudah diterima oleh siswa, (4) guru sebaiknya dapat mengkondisikan kelas agar tidak
ramai. Selain saran kepada guru, saran kepada siswa adalah (1) sebaiknya siswa harus
banyak belajar dalam menghitung perkalian (2) siswa harus sering latihan soal mengenai
perkalian (3) ketika pembelajaran perkalian berlangsung, sebaiknya siswa tidak bermain
sendiri (4) mendengarkan penjelasan guru dengan baik (5) siswa harus belajar menghafal
perkalian mulai dari angka 1-10.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:24
Last Modified: 19 Jan 2024 03:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item
View Item