PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) KELAS IX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 SAPE

Yuwono, Sareska Dwi Putra (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) KELAS IX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 SAPE. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Sareska Dwi Putra Yuwono 18230099.pdf] Text
Sareska Dwi Putra Yuwono 18230099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sareska dwi putra yuwono “Pengaruh model pembelajaran student
teams achievement division dan problem based learning kelas IX
untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli di SMP
Negeri 1 Sape”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023
Alasan dilakukannya penelitian ini berawal dari pernyataan guru
penjasorkes SMPN 1 Sape bahwa mata pelajaran bola voli masih
dikategorikan rendah pada nilai kriteria ketuntasan siswa. Disebabkan,
pembelajaran guru bersifat konvensional atau ceramah, dan selain
penjelasan serta penyajian materi yang monoton, siswa juga masih
banyak melakukan kesalahan saat servis bawah bola voli. Tujuan
penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa model
pembelajaran student teams achievement division dan model
pembelajaran problem based learning pada teknik dasar servis bawah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan
metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun yang
menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Sape Bima
yang diambil secara random yakni Kelas IX-A, IX-C, terdiri dari putra
25 siswa dan 37 siswi putri dengan jumlah keseluruhannya 62 orang.
Berdasarkan hasil analisis data di lapangan menunjukkan bahwa:
1) Model pembelajaran dengan student teams achievement division
yang diterapkan di kelas IX A dengan rata-rata hasil belajarnya pada
pretest 67.3548 dan postest 82.8387 dengan diperoleh hasil Thitung -
20.103. Sedangkan hasil pada Ttabel 2,039 dan Sig.(2-tailed) < (0,05),
maka H0 ditolak dan H1 diterima, 2) Model problem based learning
yang diterapkan di kelas IX C diperoleh hasil pretest 68.3548 dan post
test 85.1290 dengan hasil Thitung -24.184 dan Ttabel 2,039 dengan
Sig. (2-tailed) < (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima, 3) Model
problem based learning di kelas IX A meningkat sebesar 23% 4)
Model problem based learning di kelas IX C meningkat 24%.
Simpulan, dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh hasil
belajar siswa dengan model student teams achievement division
terhadap problem based learning. Saran, dapat diaplikasikan dalam
mata pelajaran penjas materi lain secara tepat guna, luwes dan
menarik.
Kata kunci: STAD, PBL, hasil belajar, bola voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:24
Last Modified: 19 Jan 2024 03:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item
View Item