KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI LIFE SKILLS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC (STEAM) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK KELAS III SDN REJOSARI 03 SEMARANG

MIRAWATI, DIAH (2023) KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI LIFE SKILLS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC (STEAM) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK KELAS III SDN REJOSARI 03 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIAH MIRAWATI 19120270.pdf] Text
DIAH MIRAWATI 19120270.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Diah Mirawati. NPM 19120270. “Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Berorientasi Life Skills Berbasis Science, Technology, Engineering, Art,
and Mathematic (STEAM) Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik Kelas III
SDN Rejosari 03 Semarang”. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I: Arfilia
Wijayanti, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II: Eka Sari Setianingsih, S.Pd.,
M.Pd.. 2023.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya life skills peserta didik aspek
kecakapan personal yang dilihat dari peserta didik malu, diam saja dan merasa
bosan dalam pembelajaran serta kurangnya pengembangan LKPD yang
mendukung aktivitas belajar peserta didik dengan berorientasi life skills.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah keefektifan
Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) berorientasi life skills berbasis STEAM untuk
meningkatkan life skills peserta didik kelas III SDN Rejosari 03 ?”. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi life skills berbasis STEAM untuk
meningkatkan life skills peserta didik Sekolah Dasar kelas III.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang menerapkan Pre
Eksperimental Design dengan bentuk nonquivelent pretest and posttest control
group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Rejosari
03 Semarang. Sampel yang diambil yaitu kelas IIIA sebagai kelas kontrol
berjumlah 27 peserta didik dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen berjumlah 28
peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket/kuesioner, observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data uji paired sampel t test pretest dan posttest
kelas eksperimen diketahui Sig. (2-tailed) .000 < 0.05 yang artinya ada perbedaan
rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan penggunaan LKPD berorientasi life skills
berbasis STEAM. Sedangkan pada pretest dan posttest kelas kontrol diperoleh hasil
0.76 > 0.05 yang artinya tidak ada perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah
perlakuan penggunaan LKPD berorientasi life skills berbasis STEAM. Pada uji
independent sampel t test posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh
hasil Sig. (2-tailed) .000 < 0.05 yang artinya ada perbedaan rata-rata hasil life skills
peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan LKPD berorientasi life
skills berbasis STEAM dan kelas kontrol tanpa menggunakan LKPD berorientasi
life skills berbasis STEAM. Angket respon peserta didik terhadap LKPD
berorientasi life skills berbasis STEAM diperoleh hasil 83.43% dengan kategori
sangat mudah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berorientasi life skills
berbasis STEAM efektif dalam meningkatkan life skills peserta didik karena telah
memenuhi kriteria indikator keefektifan yaitu terdapat perbedaan serta peningkatan
life skills peserta didik dan angket respon peserta didik terhadap LKPD berorientasi
life skills berbasis STEAM masuk kategori sangat mudah sehingga cocok
diterapkan karena dapat meningkatkan life skills peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:22
Last Modified: 19 Jan 2024 03:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item
View Item